Pengelolaan Dan Pemanfaatan Harta Wakaf Di Kabupaten Pidie Dan Dampak Terhadap Perekonomian Umat (Studi Kasus Di Masjid Baitul Istiqomah Kecamatan Glumpang Tiga)

Nuzul Fitri, 160602034 (2021) Pengelolaan Dan Pemanfaatan Harta Wakaf Di Kabupaten Pidie Dan Dampak Terhadap Perekonomian Umat (Studi Kasus Di Masjid Baitul Istiqomah Kecamatan Glumpang Tiga). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Ekonomi dan Bisnis Islam.

[thumbnail of Pengelolaan Dan Pemanfaatan Harta  Wakaf Di Kabupaten Pidie Dan Dampak Terhadap Perekonomian Umat  (Studi Kasus Di Masjid Baitul  Istiqomah  Kecamatan  Glumpang Tiga)]
Preview
Text (Pengelolaan Dan Pemanfaatan Harta Wakaf Di Kabupaten Pidie Dan Dampak Terhadap Perekonomian Umat (Studi Kasus Di Masjid Baitul Istiqomah Kecamatan Glumpang Tiga))
Nuzul Fitri, 160602034, FEBI, ES, 082361200655.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pengelolaan dan pemanfaatan harta wakaf haruslah dilakukan secara baik dan profesional agar harta wakaf bermanfaat bagi kemaslahatan umat Islam. Di Pidie banyak harta wakaf yang dikelola oleh masjid, namun belum memberikan dampak yang nyata terhadap kemaslahatan umat Islam terutama perekonomian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan dan pemanfaatan wakaf di kabupaten Pidie dan dampak Terhadap perekonomian umat di Masjid Baitul Istiqomah kecamatan Glumpang Tiga. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan data primer dengan metode studi literasi, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengelolaan harta wakaf sawah tergolong fungsional karena dimanfaatkan untuk kemakmuran masjid seperti pembangunan masjid, honor perangkat masjid serta dapat membantu perekonomian sejumlah penggarap sawah. Namun, pengelolaan atau manajemen yang masih tradisional dan tergolong komsumtif karena belum dapat dijadikan pemberdayaan ekonomi umat produktif serta belum menggunakan sistem modern dan pengawasan yang kuat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, Harta Wakaf dan Pemberdayaan Umat
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Nuzul Fitri Fitri
Date Deposited: 14 Mar 2022 03:18
Last Modified: 14 Mar 2022 03:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20261

Actions (login required)

View Item
View Item