Implementasi Al-Musaqah Pada Petani Sawit Dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Di Kecamatan Simpang Kanan Kabupaten Aceh Singkil

Orchidea Ramadinata, 160602001 (2020) Implementasi Al-Musaqah Pada Petani Sawit Dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Di Kecamatan Simpang Kanan Kabupaten Aceh Singkil. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Ekonomi dan Bisnis Islam.

[thumbnail of Implementasi Al-Musaqah Pada Petani Sawit Dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Di Kecamatan Simpang Kanan Kabupaten Aceh Singkil]
Preview
Text (Implementasi Al-Musaqah Pada Petani Sawit Dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Di Kecamatan Simpang Kanan Kabupaten Aceh Singkil)
Orchidea Ramadinata, 160602001, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kerjasama bagi hasil yang dilakukan oleh petani sawit di Kecamatan Simpang Kanan Kabupaten Aceh Singkil yaitu berupa pemilik kebun memberikan kebunnya yang sudah di tanami kepada pekerja kebun untuk dirawat atas dasar kepercayaan tanpa pengawasan langsung dan pembagian hasil sesuai dengan kesepakatan.Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana sistem al- Musaqah dan implementasinya pada petani sawit apakah teori dengan praktek berjalan bersamaan atau tidak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah di dalam kerja samaal-Musaqah ini terdapat kecurangan disebabkan praktek tidak sesuai dengan apa yang di sepakati pada awal akad. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode pendekatan kualitatif dimana peneliti melakukan wawancara kepada 10 informan dimana diantaranya 5 orang dari pemilik kebun dan 5 orang dari penggarap. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa dimana pemilik kebun melakukan bagi hasil kepada penggarap setelah hasil panen di jual dan implementasi akad musaqah belum sepenuhnya sesuai, karena masih kebiasaan tidak tertulis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Al-Musaqah, Pemilik Kebun, Pekerja Kebun
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Orchidea Ramadinata Dea
Date Deposited: 14 Mar 2022 03:18
Last Modified: 14 Mar 2022 03:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20267

Actions (login required)

View Item
View Item