Penggunaan Metode Ceramah dan Tanya Jawab dengan Media Infokus untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Dikelas IV MIS Lamgugob Banda Aceh

Sri Rizki Fitrya, 201223487 (2018) Penggunaan Metode Ceramah dan Tanya Jawab dengan Media Infokus untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Dikelas IV MIS Lamgugob Banda Aceh. Skripsi thesis, UPT. Perpustakaan.

[thumbnail of Penggunaan Metode Ceramah dan Tanya Jawab Dengan Infokus Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Dikelas IV MIS Lamgugob Banda Aceh]
Preview
Text (Penggunaan Metode Ceramah dan Tanya Jawab Dengan Infokus Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Dikelas IV MIS Lamgugob Banda Aceh)
Sri Rizki Fitrya, 201223487, FTK, PGMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Metode Ceramah dan Tanya Jawab dengan Media Infokus merupakan salah satu metode pembelajaran yang cocok diterapkan dalam pembelajaran IPS pada materi keindahan alam negeriku. Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah tidak adanya variasi metode dan media pembelajaran yang mengakibatkan menurunnya motivasi belajar siswa, timbulnya rasa bosan dan kurang kreatif dalam berpikir sehingga menyebabkan prestasi belajar siswa tidak mencapai ketuntasan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui aktivitas guru dengan penggunaan metode ceramah dan tanya jawab dengan media infokus dalam pelajaran IPS pada materi keindahan alam negeriku. (2) Mengetahui aktivitas siswa dengan penggunaan metode ceramah dan tanya jawab dengan media infokus dalam pelajaran IPS pada materi keindahan alam negeriku (3) Mengetahui prestasi belajar siswa dengan penggunaan metode ceramah dan tanya jawab dengan media infokus pada materi keindahan alam negeriku. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 40 siswa. Data penelitian diperoleh melalui instrument penelitian yang berupa lembar observasi siswa, guru dan tes. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa aktifitas guru pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 3,42 dengan kategori sangat baik dan meningkat pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 3,84 dengan kategori sangat baik. Selanjutnya aktivitas siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 3,26 dengan kategori baik, dan meningkat pada siklus II memperoleh nilai rat-rata 3,63 dengan kategori sangat baik. Kemudian prestasi belajar siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata 70%, hanya 28 siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sedangkan 12 siswa belum mencapai nilai KKM .Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 85%. Dan nilai ini menunjukkan kriteria ketuntasan minimal. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode ceramah dan tanya jawab dengan media infokus dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV MIS Lamgugob Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Muslim Razali, SH., M. Ag Pembimbing II : Irwandi, M.A
Uncontrolled Keywords: Prestasi belajar penggunaan metode ceramah dan tanya jawab dengan media infokus
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sri Rizki Fitrya
Date Deposited: 15 Mar 2022 01:41
Last Modified: 15 Mar 2022 01:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20280

Actions (login required)

View Item
View Item