Analisis Kadar Logam Pb dan Cd pada Rumput Laut Sargassum sp. dan Sargassum Polycistum Di Perairan Gunong Cut Aceh Selatan

Isru Ulfa Zuliana, 160704020 (2021) Analisis Kadar Logam Pb dan Cd pada Rumput Laut Sargassum sp. dan Sargassum Polycistum Di Perairan Gunong Cut Aceh Selatan. Skripsi thesis, UPT. Perpustakaan.

[thumbnail of Analisis Kadar Logam Pb dan Cd pada Rumput Laut  Sargassum sp. dan Sargassum Polycistum Di Perairan Gunong Cut Aceh Selatan]
Preview
Text (Analisis Kadar Logam Pb dan Cd pada Rumput Laut Sargassum sp. dan Sargassum Polycistum Di Perairan Gunong Cut Aceh Selatan)
Isru Ulfa Zuliana, 160704020, FST, KIM, 082275734875.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Rumput laut Sargassum sp. dan Sargassum Polycistum merupakan tumbuhan air yang termasuk dalam golongan alga coklat (Phaeophyceae) yang berpotensi dapat mengakumulasi logam berat Pb dan Cd. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kadar logam berat P dan Cd yang terakumulasi pada rumput laut Sargassum sp. dan Sargassum Polycistum. Metode yang digunakan adalah proses destruksi basah dengan pelarut berupa HNO3 : H2O2 (6:2) sebanyak 30 mL: 10 mL. Larutan hasil destruksi yang diperoleh di analisis konsentrasinya menggunakan SSA (Spektrofotometer Serapan Atom). Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah kadar logam Pb dan Cd pada rumput laut Sargassum sp. dan rumput laut Sargassum Polycistum. Logam Pb sebanyak <0,0001 mg/Kg dan logam Cd sebanyak 0,0004 mg/Kg. Logam Pb dan Cd pada rumput laut Sargassum sp. dan Sargassum Polycistum tidak melewati batas standar yang telah ditetapkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Bhayu Gita Bhernama, M. Si. Pembimbing II : Cut Nuzlia, M. Sc.
Uncontrolled Keywords: Rumput Laut Sargassum sp., Sargassum Polycistum, destruksi, timbal (Pb), cadmium (Cd), SSA (spektrofometer Searapan Atom)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia) > 546 Kimia Anorganik
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Kimia
Depositing User: Isru Ulfa Zuliana
Date Deposited: 07 Apr 2022 02:09
Last Modified: 07 Apr 2022 02:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20294

Actions (login required)

View Item
View Item