Tathbiq Thariqah Teka-Teki Silang Litarqiyyati Qudratith Thullabi A’la “Al-Mubtada Wal Khabar” (Dirasah Tajribiyyah Bima’hadi Az-zahrah Al-A’shri Bireuen)

Rizkan Lia Galo, 160202074 (2022) Tathbiq Thariqah Teka-Teki Silang Litarqiyyati Qudratith Thullabi A’la “Al-Mubtada Wal Khabar” (Dirasah Tajribiyyah Bima’hadi Az-zahrah Al-A’shri Bireuen). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Tathbiq Thariqah Teka-Teki Silang Litarqiyyati Qudratith Thullabi A’la “Al-Mubtada Wal Khabar” (Dirasah Tajribiyyah Bima’hadi  Az-zahrah Al-A’shri Bireuen)]
Preview
Text (Tathbiq Thariqah Teka-Teki Silang Litarqiyyati Qudratith Thullabi A’la “Al-Mubtada Wal Khabar” (Dirasah Tajribiyyah Bima’hadi Az-zahrah Al-A’shri Bireuen))
Rizkan Lia Galo, 160202074, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Dalam penulisan karya ilmiah ini, penulis menemukan masalah pembelajaran dari siswa di pesantren Az-Zahrah Bireuen, yaitu kurangnya pemahaman mereka terhadap kaidah nahwu khususnya pada materi mubatada dan khabar. Hal tersebut terjadi karena bosannya mereka terhadap cara belajar dan kurangnya pemahaman mereka terhadap nahwu malalui bahasa Arab. Maka penulis menggunakan teka-teki silang untuk membantu penulis dalam mengajarkan nahwu dikela pada materi mubatada dan khabar agar pemahaman mereka meningkat. Adapun tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efeksifitas teka-teki silang dalam pembelajaran materi mubatada dan khabar dan respon siswa dalam pembelajara mubatada dan khabar dengan teka-teki silang. Penulis juga menggunakan metode penelitian yaitu metode experimen dimana metode adalah penerapan variabel penelitian untuk mengetahui pengaruh yang positiv dan edukatif dalam segala pembelajaran atau di bidang yang lain. Penulis memilih 30 siswa sebagai sampel dengan cara random dan memilih post tes dan angket sebagai angket dalam pengumpulan data penelitian. Adapun hasil penelitian adalah penerapan teka-teki silang efektif dalam pengajaran mubatada dan khabar dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap kaidah nahwu. Penulis berdalih pada rumus N yaitu : N1+N2 – 2 , 15 + 15 – 2: 28, sehingga nilai t-table: 1,7. Oleh karena itu, nilai dari t-test: t hitung: 4.01 dan t-table: 1.7, maka t-hitung > lebih besar t-table maka ini adalah bukti yang jelas terhadap suksesnya penerapan teka-teki silang. Dan respon siswa dalam pembelajaran mubatada dan khabar baik, karena derajat pada setiap poin respon siswa dari setiap bank soal angket berada pada tingat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Rizkan Lia Galo
Date Deposited: 17 Mar 2022 03:12
Last Modified: 17 Mar 2022 03:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20304

Actions (login required)

View Item
View Item