Fundraising Pada Pembangunan Masjid Dalam Perspektif Akad Infak Dan Sedekah (Suatu Penelitian Di Masjid Agung Al-Falah Kabupaten Pidie).

Intan Mauliza, 180102149 (2021) Fundraising Pada Pembangunan Masjid Dalam Perspektif Akad Infak Dan Sedekah (Suatu Penelitian Di Masjid Agung Al-Falah Kabupaten Pidie). Skripsi thesis, UPT. Perpustakaan.

[thumbnail of Fundraising Pada Pembangunan Masjid Dalam Perspektif Akad Infak Dan Sedekah (Suatu Penelitian Di Masjid Agung Al-Falah Kabupaten Pidie).]
Preview
Text (Fundraising Pada Pembangunan Masjid Dalam Perspektif Akad Infak Dan Sedekah (Suatu Penelitian Di Masjid Agung Al-Falah Kabupaten Pidie).)
Intan Mauliza, 180102149, FSH, HES, 082276559664.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Infak dan sedekah merupakan pemberian yang diberikan oleh seorang muslim kepada orang lain secara suka rela tanpa dibatasi waktu dan jumlah tertentu. Infak dan sedekah tidak hanya dapat diberikan kepada satu individu melainkan juga dapat didistribusikan untuk keperluan sosial seperti pembangunan masjid, ataupun tempat umum lainnya. Salah satu wujud dari pendistribusian dana infak dan sedekah dalam hal pembangunan masjid. pembangunan masjid melibatkan dana dari umat dalam bentuk infak dan sedekah, seperti halnya Masjid Agung Al-Falah Kabupaen Pidie yang di bangun pada tahun 2015 dan saat ini masih dalam proses pembangunan. Untuk mempermudah kelancaran finansial tentunya diperlukan kegiatan fundraising. Kegiatan fundraising pada pembangunan Masjid Agung Al-Falah tidak terdapat transparansi sehingga akuntabilitas dana tersebut menjadi tidak efektif dalam penyalurannya. Adapun yang menjadi pertanyaan dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi yang dilakukan oleh panitia pembangunan Masjid Agung Al-Falah Pidie untuk memperoleh dana pembangunan masjid, bagaimana kegiatan fundraising ini mampu menghasilkan dana untuk kegiatan pembangunan Masjid Agung Al-Falah sesuai target dan bagaimana keberhasilan fundraising infak dan sedekah yang dilakukan oleh panitia pembangunan masjid terhadap pembangunan Masjid Agung Al-Falah Kabupaten Pidie. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, sedangkan teknik pengumpulan data diperoleh melalui penelitian lapangan yaitu wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah sistem pengumpulan dana infak dan sedekah didapatkan dari pemotongan gaji PNS di wilayah Pidie, namun dana infak dan sedekah yang telah terkumpul belum dianggarkan untuk pembangunan masjid. Dalam hal ini tidak adanya upaya fundraising yang diterapkan panitia pembangunan masjid untuk membujuk masyarakat agar memberikan infak dan sedekah untuk pembangunan masjid, akibatnya pengumpulan infak dan sedekah tiap tahunnya tidak mencapai target yang ditentukan. Keberhasilan fundraising adalah keberhasilan membujuk para munfiq/mushaddiq untuk memberikan infak dan sedekah. Maka tidak ada artinya suatu fundraising tanpa ada suatu transaksi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Prof. Dr. H. Mukhsin Nyak Umar, M.A Pembimbing 2 : Muhammad Iqbal M.M
Uncontrolled Keywords: Fundraising, Infak dan Sedekah
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.251 Sadaqah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Intan Mauliza
Date Deposited: 17 Mar 2022 03:26
Last Modified: 17 Mar 2022 03:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20315

Actions (login required)

View Item
View Item