Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Materi Bangun Ruang Sisi Datar Siswa MTsS Keumala

Safriyatun, 170205025 (2021) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Materi Bangun Ruang Sisi Datar Siswa MTsS Keumala. Skripsi thesis, UPT. Perpustakaan.

[thumbnail of Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis    Materi Bangun Ruang Sisi Datar Siswa MTsS Keumala]
Preview
Text (Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Materi Bangun Ruang Sisi Datar Siswa MTsS Keumala)
Safriyatun, 170205025, FTK, PMA, 081392477644.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu kompetensi utama yang dimiliki oleh siswa dalam memahami suatu masalah kemudian siswa menentukan solusi untuk menyelesaikan suatu masalah matematis dan menafsirkan solusi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi bangun ruang sisi datar di MTsS Keumala. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 siswa MTsS Keumala yang dikelompokkan menjadi 3 bagian yaitu, 2 siswa kelompok tinggi, 2 siswa kelompok sedang dan 2 siswa kelompok rendah. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri, lembar tes kemampuan pemecahan masalah matematis serta pedoman wawancara. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes tertulis dan wawancara. Analisis data menggunakan triangulasi waktu. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa (1) Subjek dengan kelompok tinggi dapat memenuhi semua indikator kemampuan pemecahan masalah matematis (2) Subjek dengan kelompok sedang hanya dapat memenuhi tiga indikator kemampuan pemecahan masalah matematis (3) Subjek dengan kelompok rendah hanya memenuhi satu indikator kemampuan pemecahan masalah matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Zainal Abidin, M.Pd. Pembimbing II : Khusnul Safrina, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Analisis, Pemecahan Masalah, Bangun Ruang Sisi Datar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.7 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Safriyatun Safriyatun
Date Deposited: 17 Mar 2022 03:24
Last Modified: 17 Mar 2022 03:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20317

Actions (login required)

View Item
View Item