Pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK) terhadap Pertumbuhan Ekonomi Regional di Provinsi Aceh

Indah Pramana, 180604053 (2022) Pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK) terhadap Pertumbuhan Ekonomi Regional di Provinsi Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK)]
Preview
Text (Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK))
Indah Pramana, 180604053, IE, 081269554517 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB) | Preview

Abstract

Pertumbuhan ekonomi menjadi komponen yang sangat penting bagi pemerintah daerah dan pemerintah pusat agar terlaksananya pembangunan ekonomi yang berkelanjutan, disamping itu tercapainya pertumbuhan ekonomi yang baik harus di dukung oleh sumber pendapatan daerah itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh PAD, DAU dan DAK terhadap pertumbuhan ekonomi regional di Provinsi Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder. Data yang digunakan merupakan data PAD, DAU, dan DAK setiap Kabupaten/Kota di Provinsi Aceh selama 5 tahun, dari tahun 2016-2020. Analisis data adalah analisis regresi data panel dengan pendekatan Fixed Effect Model. Hasil dari penelitian ini secara parsial menunjukkan bahwa PAD berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi Regional di Provinsi Aceh. DAU tidak berpengaruh terhadap Pertumbuhan Ekonomi Regional di Provinsi Aceh. Kemudian DAK berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi Regional di Provinsi Aceh tahun 2016-2020. Serta secara simultan PAD, DAU dan DAK bersama-sama mempengaruhi pertumbuhan ekonomi di Provinsi Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ilmu Ekonomi
Depositing User: Indah Pramana Indah
Date Deposited: 18 Mar 2022 02:57
Last Modified: 18 Mar 2022 02:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20323

Actions (login required)

View Item
View Item