Upaya Guru PAI dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Al-Qur’an di SMP Negeri 10 Banda Aceh

Firda Rahmi, 170201104 (2021) Upaya Guru PAI dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Al-Qur’an di SMP Negeri 10 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Belajar Al-Qur’an]
Preview
Text (Belajar Al-Qur’an)
Firda Rahmi, 170201104, FTK, PAI, 085359991504.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Upaya guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar Al-Qur’an kepada siswa dengan tujuan agar siswa dapat membaca Al-Qur’an dengan benar, dan mengamalkan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup. Guru berupaya mneingkatkan motivasi agar terhindari dari beberapa masalah yang terjadi pada proses pembelajaran Al-Qur’an, masalah tersebut yaitu peserta didik keluar masuk dari ruangan, tidak fokus dalam menyimak panjang pendeknya bacaan, tidak fokus dalam memperhatikan bacaan mad, mengganggu temannya dan ribut diruangan. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, yang menjadi rumusan masalah adalah bagaimanakah usaha guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar Al-Qur’an di SMP Negeri 10 Banda Aceh? dan apakah kendala yang dihadapi guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar Al- Qur’an di SMP Negeri 10 Banda Aceh?. Dalam penulisan skripsi ini penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif. Dalam pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan dokumentasi, sampel yang diambil dalam penelitian berjumlah 21 orang siswa. Adapun hasil penelitian yang penulis dapatkan upaya guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar Al-Qur’an siswa adalah menerapkan metode yang sesuai dengan siswa yaitu dengan memberikan nasehat, dorongan, niali tambahan kepada siswa yang aktif, namun kepada siswa yang tidak mengikuti proses beljaar maka diberikan hukumna kepada anak-anak agar siswa dapat menyadari kesalahan tersebut dan niat belajar Al-Qur’annya semakin lebih baik.. Dalam proses belajar Al-Qur’an guru juga memiliki hambatan dalam menjalankan tugas, karena sebagian siswa tidak mendengarkan peringatan dari guru, dan tetap mengulangi kesalahan. Guru hanya terus memeberikan dorongan kepada siswa dengan semaksimal mungkin. Dari berbagai cara yang dialkukan oleh guru, dapat kita lihat bahwa lebih besar keberhasilan siswa belajar Al-Qur’an dibandingkan dengan siswa yang belum berhasil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Firda Rahmi Firda
Date Deposited: 18 Mar 2022 03:13
Last Modified: 18 Mar 2022 03:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20332

Actions (login required)

View Item
View Item