Proses Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Covid-19 Peserta Didik Kelas IV MIN Anoi Itam Sabang

Asmaul Husna, 170209033 (2022) Proses Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Covid-19 Peserta Didik Kelas IV MIN Anoi Itam Sabang. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Proses Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Covid-19 Peserta Didik Kelas IV MIN Anoi Itam Sabang]
Preview
Text (Proses Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Covid-19 Peserta Didik Kelas IV MIN Anoi Itam Sabang)
Asmaul Husna, 170209033, FTK, PGMI,_unlocked.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB) | Preview

Abstract

Awal tahun 2020 Muncul virus corona atau Covid-19 yang berdampak pada semua sektor termasuk pendidikan sehingga pembelajaran harus dilakukan secara jarak jauh. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) proses pembelajaran jarak jauh yang dilakukan guru dan peserta didik pada masa covid-19 (2) kesiapan guru dan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran jarak jauh pada masa covid-19 (3) kendala apa saja yang dihadapi guru dan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran jarak jauh tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Responden dari penelitian ini adalah guru wali kelas IV MIN Anoi Itam Sabang dan peserta didik kelas IV MIN Anoi Itam Sabang yang berada di Kecamatan Sukajaya Kota Sabang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses pembelajaran jarak jauh pada masa covid-19 tetap berjalan aktif dan sesuai protokol kesehatan meskipun terdapat beberapa kendala saat pembelajaran berlangsung. (2) kesiapan guru dan peserta didik dalam pembelajaran jarak jauh pada masa covid-19 yaitu sebelum pembelajaran dimulai guru menyediakan peket internet, menyiapkan materi dan video pembelajaran yang dikirimkan melalui whatsaap grup kepada siswa.(3) Kendala pembelajaran jarak jauh pada masa covid-19 adalah fasilitas pembelajaran yang tidak memadai, kurangnya dana untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh, jaringan internet tidak stabil, guru dan peserta didik tidak semua mahir menggunakan teknologi, dan kurangnya pemahaman peserta didik terhadap materi pembelajaran yang disampaikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Asmaul Husna
Date Deposited: 18 Mar 2022 02:43
Last Modified: 18 Mar 2022 02:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20334

Actions (login required)

View Item
View Item