Pengaruh Metode Discovery untuk Meningkatkan Keterampilan Sains Anak di TK IT Azkia Aceh Besar

Muliati, 170210059 (2021) Pengaruh Metode Discovery untuk Meningkatkan Keterampilan Sains Anak di TK IT Azkia Aceh Besar. Skripsi thesis, UPT. Perpustakaan.

[thumbnail of Pengaruh Metode Discovery untuk Meningkatkan Keterampilan Sains Anak di TK IT Azkia Aceh Besar]
Preview
Text (Pengaruh Metode Discovery untuk Meningkatkan Keterampilan Sains Anak di TK IT Azkia Aceh Besar)
Muliati, 170210059, FTK, PIAUD, 082276767328.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Metode discovery merupakan salah satu metode yang mengutamakan anak untuk berperan aktif dalam menemukan dan mencari sendiri pengetahuan yang belum diketahuinya. Perkembangan kognitif terkhususnya keterampilan sains dalam memecahkan masalah kehidupan sehari-hari peserta didik TK IT Azkia Aceh Besar belum berkembang secara optimal, karena sebagaian besar peserta didik belum mampu dalam menemukan sendiri proses serta hasil dari suatu kegiatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah metode discovery berpengaruh dalam meningkatkan keterampilan sains anak di TK IT Azkia Aceh Besar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dan menggunakan analisis pre-exsperimental desains dengan menggunakan pendekatan desains one group pretes-posttest. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelompok B sebanyak 14 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan unjuk kerja untuk melihat keterampilan sains anak dalam mengamati, mengelompokkan, memprediksi, menerapkan konsep, dan mengkomunikasikan selama proses pembelajaran dengan menggunakan permainan eksperimen botol pelangi tergolong meningkat. Hasil penelitian ini, kemampuan keterampilan sains anak sebelum diberikan metode discovery adalah 2 dengan kriteria Mulai Berkembang (MB) dan setelah diberikan metode discovery meningkat sebesar 4 dengan kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Berdasarkan uji-t diperoleh hasil thitung 8,4 dan ttabel 1,771 dengan derajat bebas (db) yaitu 13 pada taraf signifikan α = 0,05. Maka dari hasil perhitungan tersebut menunjukan thitung > ttabel, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Heliati Fajriah, MA Pembimbing II : Muthmainnah, MA
Uncontrolled Keywords: Discovery, Keterampilan Sains
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Muliati Uli
Date Deposited: 18 Mar 2022 03:05
Last Modified: 18 Mar 2022 03:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20342

Actions (login required)

View Item
View Item