Penerapan Model Pembelajaran Artikulasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV MIN 2 Banda Aceh

Nurul Fazillah, 201223482 (2018) Penerapan Model Pembelajaran Artikulasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV MIN 2 Banda Aceh. Skripsi thesis, UPT. Perpustakaan.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Artikulasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV MIN 2 Banda Aceh]
Preview
Text (Penerapan Model Pembelajaran Artikulasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV MIN 2 Banda Aceh)
Nurul Fazillah, 201223482, FTK, PGMI, 085361789950.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penggunaan model yang tepat dalam proses belajar mengajar akan menjadikan suasana belajar yang menyenangkan. Berdasarkan hasil observasi di MIN 2 Banda Aceh pada pembelajaran IPS kelas IV peneliti mendapatkan informasi siswa kurang aktif dan kurang terlibat dalam proses pembelajaran, pembelajaran hanya berpusat pada guru, guru masih banyak yang menggunakan model pembelajaran yang klasik seperti ceramah. Oleh sebab itu, peneliti mencoba menerapakan model pembelajaran artikulasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV MIN 2 banda Aceh yang berjumlah 40 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Adapaun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada Model Pembelajarn Artikulasi pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas IV MIN 2 Banda Aceh. (2) Untuk mengetahui Aktivitas guru dengan Model Artikulasi pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas IV MIN 2 Banda Aceh. (3) Untuk mengetahui Aktivitas siswa dengan Model Artikulasi pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas IV MIN 2 Banda Aceh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah : (1) Observasi. (2) Tes, kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 70%, dan meningkat menjadi 85% pada siklus II. (2) Aktivitas guru pada siklus I yaitu 3,7 dan meningkat pada siklus II yaitu dengan nilai rata-rata 4,15. (3) aktivitas siswa pada siklus I yaitu 3,55 dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 41,5. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran artikulasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dikelas IV MIN 2 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Mawardi, M. Pd Pembimbing II : Irwandi, MA
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Artikulasi, hasil belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nurul Fazillah
Date Deposited: 21 Mar 2022 03:10
Last Modified: 21 Mar 2022 03:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20354

Actions (login required)

View Item
View Item