Peran Orang Tua Dalam Pengasuhan Anak Pasca Perceraian (Studi Kasus Di Gampong Matang Rayeuk Kecamatan Simpang Ulim Kabupaten Aceh Timur)

Devi Susanti Dewi, 170402120 (2022) Peran Orang Tua Dalam Pengasuhan Anak Pasca Perceraian (Studi Kasus Di Gampong Matang Rayeuk Kecamatan Simpang Ulim Kabupaten Aceh Timur). Skripsi thesis, UPT. Perpustakaan.

[thumbnail of Peran Orang Tua Dalam Pengasuhan Anak Pasca Perceraian (Studi Kasus Di Gampong Matang Rayeuk Kecamatan Simpang Ulim Kabupaten Aceh Timur)]
Preview
Text (Peran Orang Tua Dalam Pengasuhan Anak Pasca Perceraian (Studi Kasus Di Gampong Matang Rayeuk Kecamatan Simpang Ulim Kabupaten Aceh Timur))
Devi Susanti Dewi, 170402120, FDK, BKI, 082363856895.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (45MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul peran orang tua dalam pengasuhan anak pasca perceraian (studi kasus di Gampong Matang Rayeuk Kecamatan Simpang Ulim Kabupaten Aceh Timur). Orang tua adalah pendidik utama dan pertama bagi anak anak mereka, karena dari merekalah anak mula mula menerima pendidikan. Dengan demikian bentuk pertama dari pendidikan terdapat dalam keluarga. Kemudian orang tua ayah atau ibu memegang peranan yang penting dan amat berpengaruh atas pendidikan anak anaknya. Pendidikan orang tua terhadap anak anak adalah pendidikan yang didasarkan atas kasih sayang terhadap anak anak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran orang tua terhadap pengasuhan anak pasca perceraian di Gampong Matang Rayeuk Kecamatan Simpang Ulim Kabupaten Aceh Timur, apa saja yang dapat dilakukan orang tua dalam memenuhi peranannya terhadap anak di Gampong Matang Rayeuk Kecamatan Simpang Ulim Kabupaten Aceh Timur, dan bagaiamana dampak perceraian orang tua terhadap anak. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Pada penelitian ini menggunakan tekinik purposive sampling dengan jumlah subjek penelitian delapan orang tua pasca perceraian dan dua anak korban perceraian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian peran orang tua terhadap pengasuhan anak pasca perceraian seperti mendididik anak menafkahi dan juga menyuruh anak untuk melakukan hal hal yang baik karena orang tua juga tetap harus wajib untuk mendidik anak anaknya untuk lebih baik. Apa saja yang dapat dilakukan orang tua dalam memenuhi peranannya terhadap anak seperti mendidik mengasuh menyuruh berbuat yang baik dan juga dapat mengajak anak menjadi anak yang baik. Dampak perceraian orang tua terhadap anak kebanyakan anak orang tuanya yang sudah bercerai anak cenderung menjadi anak yang kurang bersemangat di dalam lingkungan, dan juga anak akan menjadi malu karena melihat anak anak yang lain masih memiliki keluarga lengkap sedangkan dia tidak, dan didalm hal belajar anakpun menjadi anak yang malas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran, Orang Tua, Pengasuhan.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.3 Hukum Perkawinan (Munakahat) > 2X4.33 Perceraian
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Devi Susanti Dewi Devi
Date Deposited: 21 Mar 2022 03:33
Last Modified: 21 Mar 2022 03:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20358

Actions (login required)

View Item
View Item