Potensi Bakteri Endofit Pada Biji Mangrove : (Sonneratia alba) Sebagai Antibakteri Staphylcoccus aureus danEscherichia coli

Fitria Yuwita, 160703046 (2021) Potensi Bakteri Endofit Pada Biji Mangrove : (Sonneratia alba) Sebagai Antibakteri Staphylcoccus aureus danEscherichia coli. Skripsi thesis, UPT. Perpustakaan.

[thumbnail of Potensi Bakteri Endofit Pada Biji Mangrove  : (Sonneratia alba) Sebagai Antibakteri Staphylcoccus  aureus danEscherichia coli]
Preview
Text (Potensi Bakteri Endofit Pada Biji Mangrove : (Sonneratia alba) Sebagai Antibakteri Staphylcoccus aureus danEscherichia coli)
Fitria Yuwita, 160703046, FST, BIO, 082165067763.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu tumbuhan yang berpotensi menghasilkan senyawa antibakteri adalah mangrove (Sonneratia alba). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keberadaan bakteri endofit dari biji Sonneratia alba dan pemanfaatannya sebagai antibiotik. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April hingga bulan Juni 2021 di Laboratorium Multifungsi UIN Ar-Raniry.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan mengisolasi bakteri endofit yang ada pada biji Sonneratia albadan dilanjutkan dengan metode Kirbybauer untuk melihat aktivitas penghambatan bakteri endofit terhadap bakteri Staphylococcus aureus dan Escherichia coli.Hasil penelitian didapat 8 isolat yang menunjukkan bahwa bakteri endofit pada biji Sonneratia albatidak dapat menghambat pertumbuhan bakteri patogen Staphylococcus aureus dan Escherichia coli.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bakteri Endofit, Sonneratia alba, Staphylococcus aureus, Escherichia coli, Zona Hambat
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Biologi
Depositing User: Fitria Yuwita Ayu
Date Deposited: 22 Mar 2022 02:54
Last Modified: 22 Mar 2022 02:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20363

Actions (login required)

View Item
View Item