Penggunaan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas VI MIS Lamgugob Kota Banda Aceh

Lisma Warni, 170209003 (2022) Penggunaan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas VI MIS Lamgugob Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penggunaan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran  IPS Di Kelas VI MIS Lamgugob Kota Banda Aceh]
Preview
Text (Penggunaan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas VI MIS Lamgugob Kota Banda Aceh)
Lisma Warni, 170209003,FTK, PGMI .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (58MB) | Preview

Abstract

Kurangnya motivasi belajar peserta didik ketika proses pembelajaran IPS berlangsung di kelas IV-B, hal ini terlihat dengan adanya peserta didik yang sibuk berbincang-bincang dengan teman sebangkunya pada jam pelajaran, mudah merasa bosan ketika materi diajarkan bahkan terdapat pula peseta didik yang berjalan-jalan didalam kelas dengan berbagai alasan yang diberikan. Tujuan dari penulisan yanki (1) untuk mendeskripsikan aktivitas guru melalui penggunaan media video animasi, (2) untuk mendeskripsikan aktivitas peserta didik melalui penggunaan media video animasi, (3) untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar peserta didik melalui penggunaan media video animasi pada pembelajaran IPS. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV-B MIS Lamgugob. Teknik pengumpulan data melalui (1) lembar observasi aktivitas guru, (2) Lembar observasi aktivitas peserta didik, (3) angket. Berdasarkan hasil analisis data penelitian didapatkan bahwa (1) aktivitas guru pada siklus I 85,76% termasuk kategori baik sekali, siklus II mengalami peningkatan menjadi 94,73% dengan kategori baik sekali, (2) aktivitas peserta didik siklus I yakni 70,31% dengan kateri baik, pada siklus II meningkat menjadi 87,5 % dengan kategori baik sekali, (3) persentase motivasi belajar peserta didik siklus I yakni 77,1% dengan kategori baik, siklus II terlihat persentase motivasi belajar peserta didik yakni 82,2% dengan kategori baik. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video animasi dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS di kelas IV MIS Lamgugob Kota Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Lisma Warni
Date Deposited: 22 Mar 2022 03:05
Last Modified: 22 Mar 2022 03:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20370

Actions (login required)

View Item
View Item