Efektivitas Bantuan Langsung Tunai Dana Desa Bagi Masyarakat Terkena Dampak Covid-19 Dalam Perspektif Maslahah Dharuriyah (Studi di Desa Lambhuk Kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh)

M. Razi Aswanda, 170602110 (2021) Efektivitas Bantuan Langsung Tunai Dana Desa Bagi Masyarakat Terkena Dampak Covid-19 Dalam Perspektif Maslahah Dharuriyah (Studi di Desa Lambhuk Kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh). Skripsi thesis, UPT. Perpustakaan.

[thumbnail of EFEKTIVITAS BANTUAN LANGSUNG TUNAI DANA DESA BAGI MASYARAKAT TERKENA DAMPAK COVID-19 DALAM PERSPEKTIF MASLAHAH DHARURIYAH  (Studi di Desa Lambhuk Kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh)]
Preview
Text (EFEKTIVITAS BANTUAN LANGSUNG TUNAI DANA DESA BAGI MASYARAKAT TERKENA DAMPAK COVID-19 DALAM PERSPEKTIF MASLAHAH DHARURIYAH (Studi di Desa Lambhuk Kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh))
M. Razi Aswanda, 170602110, FEBI, ES, 085362150264.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pandemi COVID-19 memberikan dampak sosial dan ekonomi yang buruk sehingga mempengaruhi serta menurunkan taraf hidup masyarakat. Hal ini ditimbulkan adanya batasan kegiatan ekonomi dan muamalah sehingga melemahnya pertumbuhan ekonomi dan menyebabkan banyak orang kehilangan pekerjaan yang dapat menaikkan jumlah kemiskinan di Indonesia. Dengan demikian, pemerintah perlu membuat kebijakan ataupun program untuk menanggulangi masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah program pemerintah berupa BLT Dana Desa di Desa Lambhuk Kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh sudah efektif dan dapat mewujudkan maslahah dharuriyah untuk masyarakat akibat pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data field research melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program BLT Dana Desa di Desa Lambhuk dapat dikatakan efektif karena sudah sesuai aturan dan prosedur yang telah ditetapkan pemerintah, yaitu ketepatan menentukan pilihan, ketepatan sasaran, ketepatan waktu, dan pemantauan program sudah dirasakan masyarakat karena adanya kebaikan dari pelaksanaan bantuan tersebut yang ditandai dengan rasa aman dari segi perasaan, lingkungan, dan manfaat. Bantuan ini memberikan maslahah dharuriyah untuk masyarakat karena dapat membantu dalam muncukupi kebutuhan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Nilam Sari, Lc., M.Ag Pembimbing II : Hafidhah, SE., M.Si., Ak, CA
Uncontrolled Keywords: Bantuan Langsung Tunai Dana Desa, Efektivitas, Maslahah Dharuriyah
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: M. Razi Aswanda
Date Deposited: 22 Mar 2022 03:42
Last Modified: 22 Mar 2022 03:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20371

Actions (login required)

View Item
View Item