Transparansi Pengelolaan Beasiswa Anak Nelayan Yayasan Pangkai Meureuno Aneuk Nelayan (YPMAN) Di Kecamatan Lhoong Kabupaten Aceh Besar

Mela Sari, 170802074 (2022) Transparansi Pengelolaan Beasiswa Anak Nelayan Yayasan Pangkai Meureuno Aneuk Nelayan (YPMAN) Di Kecamatan Lhoong Kabupaten Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan.

[thumbnail of Transparansi Pengelolaan Beasiswa Anak Nelayan Yayasan Pangkai Meureuno Aneuk Nelayan (YPMAN) Di Kecamatan Lhoong Kabupaten Aceh Besar]
Preview
Text (Transparansi Pengelolaan Beasiswa Anak Nelayan Yayasan Pangkai Meureuno Aneuk Nelayan (YPMAN) Di Kecamatan Lhoong Kabupaten Aceh Besar)
Mela Sari, 170802074, FISIP, IAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Yayasan Pangkai Meureuno Aneuk Nelayan (YPMAN) merupakan yayasan yang didirikan oleh Lembaga Hukom Adat Laot Panglima Laot Aceh berdasarkan Akta Notaris No. 62 tanggal 28 November 2001, dengan tujuan untuk mensejahterakan masyarakat nelayan di Aceh. Sumber dana utama yayasan ini dari dana hibah pelelangan kapal Thailand yang masuk ke perairan Aceh sebesar 11 miliar lebih yang dialokasikan sepenuhnya untuk beasiswa anak nelayan. Dengan dana yang begitu banyak tentu perlu pengelolaan yang bagus untuk mencapai efisiensi dan efektifitas dalam pengelolaan dana serta perlu penerapan prinsip transparansi di dalamnya. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengelolaan beasiswa anak nelayan di kecamatan Lhoong, Kabupaten Aceh Besar serta bagaimana penerapan prinsip Transparansi dalam pengelolaan beasiswa anak nelayan di Kecamatan Lhoong Kabupaten Aceh Besar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian yang bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif, penelitian ini mengumpulkan data primer dan sekunder melalui observasi, wawancara, dan berbagai dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pengelolaannya beasiswa anak nelayan YPMAN di Desa Saney Kecamatan Lhoong masih kurang bagus, walaupun terkait prosedur dalam pengelolaan beasiswa anak nelayan YPMAN dipaparkan dengan jelas oleh sekretaris YPMAN serta panglima laot lhok di Desa Saney. Namun dalam penerapan prinsip transparansi terhadap pengelolaan beasiswa belum sepenuhnya diterapkan hal ini dibuktikan dengan belum adanya penyediaan informasi terkait beasiswa Anak Nelayan secara jelas, dan tidak ada website panglima laot atau YPMA yang bisa di akses oleh masyarakat, serta minim nya partisipasi masyarakat di dalamnya .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Mela Sari
Date Deposited: 23 Mar 2022 02:19
Last Modified: 23 Mar 2022 02:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20383

Actions (login required)

View Item
View Item