Peran Kepala Sekolah Sebagai Motivator dalam Pemanfaatan Teknologi Digital di SMAN 5 Takengon

Julianita, 170206009 (2021) Peran Kepala Sekolah Sebagai Motivator dalam Pemanfaatan Teknologi Digital di SMAN 5 Takengon. Skripsi thesis, UPT. Perpustakaan.

[thumbnail of Peran Kepala Sekolah Sebagai Motivator dalam Pemanfaatan Teknologi Digital di SMAN 5 Takengon]
Preview
Text (Peran Kepala Sekolah Sebagai Motivator dalam Pemanfaatan Teknologi Digital di SMAN 5 Takengon)
Julianita, 170206009, FTK, MPI, 082296320825.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Peran kepala sekolah sebagai motivator adalah membantu dan mendorong guru memahami perkembangan dan kemajuan teknologi agar dapat bersaing di era digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi kepala sekolah dalam memotivasi guru untuk memanfaatkan teknologi digital di SMAN 5 Takengon Aceh Tengah dan untuk mengetahui hambatan kepala sekolah dalam memotivasi guru untuk memanfaatkan teknologi digital di SMAN 5 Takengon Aceh Tengah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif.Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru di SMAN 5 Takengon.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa : 1). Strategi kepala sekolah dalam memotivasi guru untuk memanfaatkan teknologi digital : a. Suasana kerja, Kepala sekolah dan guru di SMAN 5 Takengon telah mampu membuat suasana kerja yang nyaman di sekolah sehingga makin termotivasi para guru untuk belajar memanfaatkan teknologi digital. b. Dorongan, Kepala sekolah SMAN 5 Takengon telah berusaha mendorong para tenaga pendidik untuk lebih memanfaatkan teknologi digital, dorongan yang diberikan kepala sekolah berupa semangat, bantuan, mencontohkan menggunakan teknologi digital dan juga penerimaan saran dari para guru. c. Penghargaan, Strategi penghargaan ini telah kepala sekolah lakukan di SMAN 5 Takengon kepada guru sebagai bentuk apresiasi kepala sekolah terhadap usaha para guru untuk belajar memanfaatkan teknologi digital. d. Penyediaan sumber belajar, untuk guru belajar memanfaatkan teknologi digital di SMAN 5 Takengon sudah terpenuhi dan dapat dikatakan cukup, dalam penyediaan sumber belajar kepala sekolah telah menyediakan sumber belajar yang memadai seperti lab komputer, laptop yang bisa digunakan para guru, buku tentang penggunaan teknologi, bahakan wifi. 2). Hambatan strategi kepala sekolah dalam memotivasi guru untuk memanfaatan teknologi digital di SMAN 5 Takengon, hasil penelitian menunjukkan bahwa hambatan yang dihadapi kepala sekolah dalam memotivasi guru untuk memanfaatkan teknologi digital yaitu masih kesulitannya memotivasi beberapa guru untuk menerima kemajuan teknologi yang terus berkembang karna faktor usia dan tidak stabilnya arus listrik serta jaringan internet.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Sri Rahmi, M.A. Pembimbing 2 : Nurussalami, M.Pd, S.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kepala Sekolah Sebagai Motivator, Teknologi Digital
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Julianita Nita
Date Deposited: 22 Mar 2022 03:41
Last Modified: 22 Mar 2022 03:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20392

Actions (login required)

View Item
View Item