Pemanfaatan Marketplace Shopee Sebagai Media Jual Beli Di Kalangan Mahasiswa Uin Ar-Raniry Banda Aceh

Muhammad Ridha Anshari, 170401103 (2022) Pemanfaatan Marketplace Shopee Sebagai Media Jual Beli Di Kalangan Mahasiswa Uin Ar-Raniry Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Pemanfaatan Marketplace Shopee Sebagai Media Jual Beli Di Kalangan Mahasiswa Uin Ar-Raniry Banda Aceh]
Preview
Text (Pemanfaatan Marketplace Shopee Sebagai Media Jual Beli Di Kalangan Mahasiswa Uin Ar-Raniry Banda Aceh)
M.Ridha Anshari, 170401103, FDK, KPI, 082276071499.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pemanfaatan marketplace shopee sebagai media jual beli di kalangan mahasiswa UIN Ar-Raniry Banda Aceh”. Sikap dan perilaku pengguna pada marketplace shopee masih sangat beragam jika dibandingkan dengan masyarakat yang melakukan jual beli menggunakan sistem konvensional, sehingga dibutuhkan identifikasi serta penelitian lebih lanjut terkait bagaimana pemanfaatan marketplace shopee sebagai media jual beli dan faktor apa saja yang melatarbelakangi mahasiswa UIN Ar-Raniry Banda Aceh dalam memanfaatkan marketplace shopee sebagai media jual beli. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana pemanfaatan marketplace shopee sebagai media jual beli serta untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi mahasiswa UIN Ar-Raniry Banda Aceh dalam memanfaatkan marketplace shopee sebagai media jual beli online. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi penjual pada marketplace shopee dikalangan mahasiswa UIN Ar-Raniry Banda Aceh adalah faktor kebutuhan kognitif atau pemahaman, faktor kebutuhan afektif atau perasaan, faktor kebutuhan personal atau kebutuhan pribadi, faktor kebutuhan akan lingkungan sosial, serta pelepasan ketegangan atau hiburan. Dan untuk faktor yang mempengaruhi pembeli dikalangan mahasiswa UIN Ar-Raniry Banda Aceh adalah faktor kebudayaan seperti pendidikan, faktor lingkungan sosial, faktor kebutuhan pribadi, dan faktor psikologis seperti kepercayaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: M. Ridha Anshari
Date Deposited: 30 Mar 2022 02:09
Last Modified: 30 Mar 2022 02:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20396

Actions (login required)

View Item
View Item