Kesalahan Populer Siswa Dalam Membaca Teks Bahasa Arab (Penelitian Kualitatif Di Pesantren Darul Ulum Banda Aceh)

T. Fadlon Mega, 170202040 (2022) Kesalahan Populer Siswa Dalam Membaca Teks Bahasa Arab (Penelitian Kualitatif Di Pesantren Darul Ulum Banda Aceh). Skripsi thesis, UPT. Perpustakaan.

[thumbnail of Kesalahan Populer Siswa Dalam Membaca Teks Bahasa Arab (Penelitian Kualitatif Di Pesantren Darul Ulum Banda Aceh)]
Preview
Text (Kesalahan Populer Siswa Dalam Membaca Teks Bahasa Arab (Penelitian Kualitatif Di Pesantren Darul Ulum Banda Aceh))
T. Fadlon Mega, 170202040, FTK, PBA, 082272737104.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Membaca adalah pengucapan dan pemahaman simbol, analisis dan kritik terhadap apa yang dibaca, interaksi dengannya, mengambil manfaat darinya dalam memecahkan masalah, menggunakannya dalam situasi vital, dan kesenangan psikologis dalam membaca. Saat mengajar mahasiswa di Pesantren Modern Darul Ulum, peneliti melihat bahwa ada kesalahan umum dalam membaca, terutama dalam nahwu dan sharaf. Oleh karena itu, ia perlu melakukan analisis kesalahan membaca untuk mengetahui bentuk-bentuk kesalahan siswa dalam membaca teks bahasa Arab dan untuk mempresentasikan penyebabnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesalahan umum dalam membaca teks bahasa Arab di kalangan siswa dan untuk mengidentifikasi penyebabnya. Adapun metode penelitian, peneliti menggunakan metode deskriptif analitis. Observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data. Setelah peneliti melakukan penelitian ilmiah, saya menemukan bahwa kesalahan umum pelajar dalam membaca teks bahasa Arab dibagi menjadi dua jenis, yaitu kesalahan nahwu dan kesalahan sharaf. Kesalahan nahwu merupakan kesalahan yang paling sering terjadi dalam membaca teks bahasa Arab, dengan jumlah 117, dengan persentase 92,12%, dan kesalahan sharaf berjumlah 10, dengan persentase 7,87%. Faktor-faktor yang menyebabkan kesalahan umum dalam membaca teks bahasa Arab pembelajar terdiri dari beberapa faktor, yaitu kurangnya pengetahuan tentang qaidah, mengabaikan qaidah, keengganan dalam bahasa Arab dan kurangnya membaca teks Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Membaca, Kesalahan Populer
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: T. Fadlon Mega
Date Deposited: 23 Mar 2022 02:19
Last Modified: 23 Mar 2022 02:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20400

Actions (login required)

View Item
View Item