Analisis Kesesuaian Kompetensi Dasar Standar Isi Kurikulum K13 dengan Buku Guru Kelas III MIN 1 Aceh Jaya

Bella Adama, 170209065 (2021) Analisis Kesesuaian Kompetensi Dasar Standar Isi Kurikulum K13 dengan Buku Guru Kelas III MIN 1 Aceh Jaya. Skripsi thesis, UPT. Perpustakaan.

[thumbnail of Analisis Kesesuaian Kompetensi Dasar Standar Isi Kurikulum K13 dengan Buku Guru Kelas III MIN 1 Aceh Jaya]
Preview
Text (Analisis Kesesuaian Kompetensi Dasar Standar Isi Kurikulum K13 dengan Buku Guru Kelas III MIN 1 Aceh Jaya)
Bella Adama, 170209065, FTK, PGMI, 081264327629.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Buku guru adalah buku panduan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas yang berisi langkah-langkah pembelajaran yang di desain menggunakan pendekatan saintifik sesuai dengan kurikulum 2013. Tujuan penelitian ini untuk (1) menganalisis kesesuaian kompetensi dasar standar isi dengan kompetensi dasar pada buku guru, (2) menganalisis kesesuaian kompetensi dasar dengan indikator pencapaian kompetensi, dan (3) menganalisis kesesuaian tujuan pembelajaran dengan rangkuman materi pada buku guru. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah buku guru tematik kelas III semester 2 kemendikbud revisi 2017. Instrumen pengumpulan data yang digunakan, yaitu peneliti sendiri dibantu oleh instrumen sekunder yang berupa pedoman analisis dokumen. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa (1) kesesuaian perbandingan kompetensi dasar standar isi dengan kompetensi dasar pada buku guru dengan kategori sesuai sebanyak 83 butir dengan presentase sebesar 77% dan kategori tidak sesuai sebanyak 25 butir dengan presentase sebesar 23%, (2) kesesuaian perbandingan indikator pencapaian kompetensi dengan kompetensi dasar pada buku guru dengan kategori sesuai sebanyak 145 butir dengan presentase sebesar 31% dan kategori tidak sesuai sebanyak 325 butir dengan presentase sebesar 69%, (3) kesesuaian perbandingan tujuan pembelajaran dengan rangkuman materi pada buku guru dari aspek relevansi dengan kategori sesuai sebanyak 44 butir dengan presentase sebesar 9% dan kategori tidak sesuai sebanyak 420 butir dengan presentase sebesar 91%, sedangkan kesesuaian perbandingan tujuan pembelajaran dengan rangkuman materi pada buku guru dari aspek keterukuran dengan kategori sesuai sebanyak 151 butir dengan presentase sebesar 33% dan kategori tidak sesuai sebanyak 313 butir dengan presentase sebesar 67% dan kesesuaian perbandingan tujuan pembelajaran dengan rangkuman materi pada buku guru dari aspek kelengkapan dengan kategori sesuai sebanyak 3 butir dengan presentase sebesar 1% dan kategori tidak sesuai sebanyak 461 butir dengan presentase sebesar 99%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Misbahul Jannah, M. Pd, Ph. D Pembimbing II : Wati Oviana, S. Pd. I., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Analisis, Buku Guru Kelas III Semester 2, Standar Isi Kurikulum 2013
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Bella Adama
Date Deposited: 23 Mar 2022 02:19
Last Modified: 23 Mar 2022 02:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20403

Actions (login required)

View Item
View Item