Peran Organisasi Siswa untuk Mengembangkan Keterampilan Berbicara terhadap Siswa di Dayah Darul Ihsan (Penelitian Analisis Deskriptif)

Yusrini Selvia, 170202030 (2021) Peran Organisasi Siswa untuk Mengembangkan Keterampilan Berbicara terhadap Siswa di Dayah Darul Ihsan (Penelitian Analisis Deskriptif). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Peran Organisasi Siswa Untuk Mengembangkan Keterampilan Berbicara Terhadap Siswa Di Dayah Darul Ihsan]
Preview
Text (Peran Organisasi Siswa Untuk Mengembangkan Keterampilan Berbicara Terhadap Siswa Di Dayah Darul Ihsan)
Yusrini Selvia, 170202025, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Organisasi siswa atau yang lebih dikenal dengan OSIS di Indonesia merupakan organisasi yang mendukung berjalannya lingkungan sekolah, baik akademik maupun non akademik. Organisasi ini terdiri dari bagian-bagian tertentu, salah satunya adalah bagian bahasa. Organisasi siswa memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan kemampuan bahasa asing para santri yang belajar di pondok pesantren. Bahasa adalah alat komunikatif yang digunakan oleh semua individu untuk mengungkapkan maksud dan gagasannya. “Bahasa adalah bunyi yang setiap orang mengungkapkan tujuannya” (Ibnu Jinni). Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi program bahasa untuk meningkatkan keterampilan berbicara dan untuk mengetahui efektivitas program bahasa untuk meningkatkan keterampilan berbicara. metode analisis dengan teknik analisis data model Miles dan Huberman yang dikumpulkan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II (A) dan (E) yang berjumlah 68 siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas dua (A) dan (E), yaitu 7 Melalui hasil penelitian yang dilakukan peneliti, peran organisasi kemahasiswaan khususnya jurusan bahasa sangat berpengaruh terhadap perkembangan keterampilan berbicara. Dan program ini efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara terhadap siswa di Dayah Darul Ihsan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren > 2X7.344 Pendidikan Ketrampilan Khusus
800 Literature (Sastra) > 890 Other Literatures (Kesusastraan Lain-lain) > 892 Sastra Afro-Asia > 892.7 Sastra Bahasa-bahasa Arab dan Maltes
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Yusrini Selvia Rini
Date Deposited: 23 Mar 2022 02:55
Last Modified: 23 Mar 2022 02:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20410

Actions (login required)

View Item
View Item