Analisis Efektivitas Pembiayaan Murabahah Terhadap Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Aceh dalam Upaya Pengentasan Kemiskinan (Studi Pada PT. Bank Aceh Syariah Kantor Pusat Operasional)

Zikrul Kamal, 170603184 (2021) Analisis Efektivitas Pembiayaan Murabahah Terhadap Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Aceh dalam Upaya Pengentasan Kemiskinan (Studi Pada PT. Bank Aceh Syariah Kantor Pusat Operasional). Skripsi thesis, UPT. Perpustakaan.

[thumbnail of Analisis  Efektivitas  Pembiayaan  Murabahah Terhadap Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Aceh dalam Upaya Pengentasan Kemiskinan (Studi  Pada  PT.  Bank  Aceh  Syariah  Kantor Pusat Operasional)]
Preview
Text (Analisis Efektivitas Pembiayaan Murabahah Terhadap Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Aceh dalam Upaya Pengentasan Kemiskinan (Studi Pada PT. Bank Aceh Syariah Kantor Pusat Operasional))
Zikrul Kamal, 170603184, FEBI, PS, 081396240707.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan kemiskinan di Aceh, dengan berbagai faktornya telah menjadikan Aceh sebagai daerah termiskin se-sumatera pada tahun 2021. Salah satu upaya mengatasinya ialah dengan pengembangan sektor UMKM. Oleh karena itu adanya pembiayaan pada Bank Aceh Syariah diharapkan dapat efektif mengatasi persoalan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembiayaan murabahah terhadap Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Aceh dalam upaya pengentasan kemiskinan, khusus Kota Banda Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan primer dengan pengumpulan data melalui wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiayaan murabahah pada PT. Bank Aceh Syariah Kantor Pusat Operasional efektif dalam pengentasan kemiskinan terhadap UMKM, hal tersebut dilihat setelah mendapatkan pembiayaaan, UMKM mampu meningkatkan pendapatan, mengembangkan usaha, dan membuka lapangan kerja

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Murabahah, UMKM, dan Kemiskinan
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.21 Jual Beli (Murabahah)
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.3 Ekonomi > 2X6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Zikrul Kamal Zikrul
Date Deposited: 23 Mar 2022 03:04
Last Modified: 23 Mar 2022 03:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20417

Actions (login required)

View Item
View Item