Penerapan Media Permainan Truth and Dare untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Di MTsN 4 Pidie.

Mila Hayatillah, 170213086 (2021) Penerapan Media Permainan Truth and Dare untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Di MTsN 4 Pidie. Skripsi thesis, UPT. Perpustakaan.

[thumbnail of Penerapan Media Permainan Truth and Dare untuk MeningkatkanKepercayaan Diri Siswa Di MTsN 4 Pidie.]
Preview
Text (Penerapan Media Permainan Truth and Dare untuk MeningkatkanKepercayaan Diri Siswa Di MTsN 4 Pidie.)
Mila Hayatillah, 170213086, FTK, BK, 08227301720.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Kepercayaan diri adalah sikap yakin atas kemampuan diri sendiri sehingga dalam tindakanya tidak terlalu cemas, merasa bebas untuk melakukan hal yang sesuai keinginan dan tanggungjawab atas perbuatan, sopan dalam interaksi dengan oranglain, memiliki dorongan prestasi serta mengenal kelebihan dan kekurangan diri sendiri. Kenyataan yang terjadi di MTsN 4 Pidie terdapat beberapa siswa kelas VII masih tidak percaya diri, sehingga perlu upaya meningkatkan kepercayaan diri menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan media permainan Truth and Dare. Rumusan masalah penelitian adalah apakah penerapan media permainan Truth and Dare dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa dan tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah penerapan media permainan Truth and Dare dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII.6 berjumlah 30 siswa. Total sampel penelitian berjumlah 9 siswa, dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode penggunakan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen berbentuk One Group Pretest-Postest Desain. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan skala kepercayaaan diri. Setelah memperoleh data di analisis menggunakan pengujian hipotesis dengan bantuan SPSS versi 20, diperoleh thitung >ttabel yaitu 6.435>1.833 pada taraf signifikasi α= 0,05. Artinya, hipotesis penelitian diterima dan dinyatakan terdapat pengaruh positif dan signifikasi dari penerapan media permainan Truth and Dare terhadap kepercayaan diri siswa kelas VII.6 MTsN 4 Pidie.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Mukhlis, M. Pd Pembimbing II : Evi Zuhara M.Pd
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Permainan Truth and Dare, Kepercayaan Diri
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Mila Hayatillah
Date Deposited: 23 Mar 2022 03:12
Last Modified: 23 Mar 2022 03:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20420

Actions (login required)

View Item
View Item