Analisis Vegetasi Tumbuhan Herba Di Kawasan Gunung Seulawah Agam Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar Sebagai Referensi Mata Kuliah Ekologi Tumbuhan

Nurul Afifah, 160207095 (2022) Analisis Vegetasi Tumbuhan Herba Di Kawasan Gunung Seulawah Agam Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar Sebagai Referensi Mata Kuliah Ekologi Tumbuhan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Analisis Vegetasi Tumbuhan Herba Di Kawasan Gunung Seulawah Agam Kecamatan Lembah Seulawah  Kabupaten Aceh Besar Sebagai Referensi Mata Kuliah Ekologi Tumbuhan]
Preview
Text (Analisis Vegetasi Tumbuhan Herba Di Kawasan Gunung Seulawah Agam Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar Sebagai Referensi Mata Kuliah Ekologi Tumbuhan)
Nurul Afifah, 160207095, FTK, PBL, 082362883006.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (46MB) | Preview

Abstract

Praktikum materi vegetasi tumbuhan sudah dilakukan dengan baik selama dosen menjelaskan dalam proses belajar dan mengajar di dalam ruangan, tetapi mahasiswa memiliki permasalahan selama praktikum Ekologi Tumbuhan, yaitu kurangnya pemahaman mahasiswa tentang pengelompokan tumbuhan berhabitus herba. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian tentang analisis vegetasi tumbuhan herba di kawasan Gunung Seulawah Agam Kabupaten Aceh Besar untuk menambah infomasi tentang vegetasi tumbuhan dikawasan tersebut, khususnya pada tanaman herba. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis tumbuhan herba, analisis vegetasi dan kelayakan hasil hasil penelitian analisis vegetasi tumbuhan herba di Kawasan Gunung Seulawah Agam Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar. Metode penelitian ini dengan penentuan titik sampling dibagi menjadi 3 stasiun pengamatan yaitu kawasan pegunungan, perkebunan, dan pemukiman. Masing-masing kawasan tersebut dibagi menjadi 3 lokasi, setiap lokasi dibuat plot ukuran 1 m x 1 m sebanyak 10 plot pengamatan. Hasil penelitian diperoleh 41 jenis tumbuhan herba dari 22 famili dengan jumlah keseluruhan individu sebanyak 1405 dengan jenis tertinggi adalah Borreria alata sebesar 220 individu. Vegetasi tumbuhan herba yang terdapat di kawasan Gunung Seulawah Agam Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar terdiri dari INP tertinggi yaitu jenis Borreria alata sebesar 63,3, indeks keanekaragaman sebesar 3,095 termasuk kategori sangat beragam, indeks keseragaman sebesar 0,833 tergolong tinggi dan pola distribusi diperoleh IP = 0,50 termasuk kategori mengelompok. Uji kelayakan buku ajar diperoleh 76,87% dengan kriteria layak direkomendasikan sebagai salah satu referensi pada mata kuliah ekologi tumbuhan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Nurul Afifah
Date Deposited: 04 Apr 2022 06:54
Last Modified: 04 Apr 2022 06:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20431

Actions (login required)

View Item
View Item