Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Instruction Melalui Media Video Pada Materi Redoks di SMA Negeri 1 Panga Aceh Jaya

Fachrul Razi, 150208076 (2022) Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Instruction Melalui Media Video Pada Materi Redoks di SMA Negeri 1 Panga Aceh Jaya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang model Pembelajaran Problem Based Instruction dengan media video.]
Preview
Text (Membahas tentang model Pembelajaran Problem Based Instruction dengan media video.)
Fachrul Razi, 150208076, FTK, PKM.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Panga Aceh Jaya dengan judul Efektivitas Model
Pembelajaran Problem Based Instruction Melalui Media Video Pada Materi Redoks Di SMA
Negeri 1 Panga Aceh Jaya. Latar belakang penelitian ini kegiatan pembelajaran tidak
digunakan model yang dapat membuat siswa lebih aktif, kreatif dan sifat membangun semangat
belajarnya khususnya materi redoks. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas
model pembelajaran Problem Based Instruction terhadap hasil belajar peserta didik, respon
siswa terhadap penerapan model Problem Based Instruction melalui media video pada materi
Redoks. Rancangan Penelitian yang digunakan adalah Pre-Eksperimen dengan menggunakan
desain one grup pre-test-post-test. Proses pengambilan sampel dilakukan secara purposive
sampling menggunakan Korelasi yaitu kelas X IPA SMA 1 Panga Aceh Jaya. Tehnik
pengumpulan data menggunakan intrumen tes dan intrumen angket respon peserta didik.
Analisis data hasil belajar menggunakan korelasi product moment sedangkan pada angket
respon siswa menggunakan persentase nilai respon. Hasil penelitian diperoleh uji korelasi
preetest dan posttest sebesar 0,691 dengan signifikasi 0,000 < 0,05 maka, Ha diterima dan H0
ditolak. Data tersebut menunjukkan terdapat Efektivitas Model Pembelajaran Model Problem
Based Instruction Melalui Media Video pada Materi Redoks di SMA Negeri 1 Panga Aceh
Jaya. Analisis persentase rata-rata Respon peserta didik diperoleh sangat setuju 40.26%, setuju
51.95%, tidak setuju 7.36% dan sangat Tidak setuju 0.43% dengan rata-rata 83.36%. Jadi
model pembelajaran Problem Based Instruction masuk dalam kategori sangat setuju.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Fachrul Razi
Date Deposited: 24 Mar 2022 03:33
Last Modified: 24 Mar 2022 03:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20448

Actions (login required)

View Item
View Item