Analisis Program Kejar Baca Untuk Mendorong Minat Baca Anak Di Yayasan Cinta Baca Aceh

Lenni Maulidia, 170503058 (2021) Analisis Program Kejar Baca Untuk Mendorong Minat Baca Anak Di Yayasan Cinta Baca Aceh. Skripsi thesis, UPT. Perpustakaan.

[thumbnail of Analisis  Program Kejar Baca Untuk Mendorong Minat Baca Anak Di Yayasan Cinta Baca Aceh]
Preview
Text (Analisis Program Kejar Baca Untuk Mendorong Minat Baca Anak Di Yayasan Cinta Baca Aceh)
Lenni Maulidia, 170503058, FAH, IP, 081534200554.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Yayasan Cinta Baca Aceh adalah sebuah lembaga non profit yang berperan sebagai pusat pembelajaran masyarakat. Salah satu program utama yang ada di Yayasan Cinta Baca Aceh adalah program kejar baca (kelompok belajar baca), program kejar baca dilakukan karena mengingat anak-anak sekitaran Yayasan Cinta Baca Aceh masih kurang dalam hal membaca. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pelaksanaan program kejar baca untuk mendorong minat baca anak di Yayasan Cinta Baca Aceh. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini 1 koordinator wilayah Aceh dan 1 relawan bertugas sebagai pengelola program. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program kejar baca yang diterapkan oleh Yayasan Cinta Baca Aceh terlaksanakan dengan baik dan sesuai harapan yang diinginkan seperti relawan membacakan bahan bacaan, mengajarkan cara membacakan cerita kepada anak, tanya jawab, membuat kreativitas, memberikan hadiah atau apresiasi dan melakukan kegiatan PESBUKER (pentas buku berkarakter). Relawan sangat aktif, kreatif dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan yang ada dalam program kejar baca anak juga sangat aktif dan antusias mengikuti program tersebut. Hal ini dibuktikan dengan informasi yang di dapat dalam penelitian bahwa anak sudah rajin berkunjung ke perpustakaan, langsung bisa memilih buku, bisa meminjam buku sendiri tanpa bantuan, membaca buku tanpa disuruh, anak-anak juga menambah kreatif dan wawasannya dengan isi buku yang ada pada saat pelaksanaan program kejar baca berlangsung. Minat baca anak meningkat dibandingkan sebelum adanya pelaksanaan program kejar baca, anak sudah mampu membaca dengan baik, anak juga senang dan rajin berkunjung ke perpustakaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pogram Kejar Baca, Minat Baca Anak.
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 028 Membaca dan Penggunaan Media Informasi Lainnya
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Lenni Maulidia
Date Deposited: 24 Mar 2022 03:59
Last Modified: 24 Mar 2022 03:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20450

Actions (login required)

View Item
View Item