Penggunaan Media dalam Peningkatan Keterampilan Anak Berkebutuhan Khusus di SDLB Negeri Kebayakan Aceh Tengah

Yanti Juniara, 170206083 (2021) Penggunaan Media dalam Peningkatan Keterampilan Anak Berkebutuhan Khusus di SDLB Negeri Kebayakan Aceh Tengah. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Penggunaan Media dalam Peningkatan Keterampilan Anak Berkebutuhan Khusus]
Preview
Text (Penggunaan Media dalam Peningkatan Keterampilan Anak Berkebutuhan Khusus)
Yanti Juniara, 170206083, FTK, MPI, 082262707211-.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keahlian guru dalam menggunakan media berbasis digital di SDLB Negeri Kebayakan Aceh Tengah, Sehingga berpengaruhnya pada Peningkatan Keterampilan peserta didik tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana standar media dalam peningkatan keterampilan di SDLB Negeri Kebayakan Aceh Tengah, hambatan dalam pemenuhan standar media di SDLB Negeri Kebayakan Aceh Tengah dan upaya untuk mengatasi hambatan penggunaan media dalam peningkatan keterampilan anak berkebutuhan khusus di SDLB Negeri Kebayakan Aceh Tengah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Standar Media dalam Peningkatan Keterampilan di SDLB Negeri Kebayakan Aceh Tengah: a. telah menyediakan buku teks pelajaran sebagai pegangan guru b. Buku pengayaan telah dikatakan memadai sebagai buku pendamping dari buku teks pelajaran c. telah memuat majalah yang berisikan karya-karya siswa yang menarik untuk mempromosikan sekolah e. sekolah menyiapkan poster yang berisikan pendidikan sebagai media pembelajaran f. Compectdisk (CD), jumlah media compectdisk (CD) di SDLB Negeri Kebayakan Aceh Tengah terbilang cukup dan memadai g. teknologi digital, media digital seperti laptop dan in-focus yang ada di SDLB Negeri Kebayakan masih sangat kurang, hanya terdapat 1 unit dan berada di ruang kepala sekolah (2) hambatan yang dihadapi dalam pemenuhan standar media: a. dana, b. Waktu belajar menjadi lama c. sarana kurang memadai (3) upaya untuk mengatasi hambatan penggunaan media: mengubah jadwal mengajar yang menggunakan teknologi digital, mengajukan pengadaan sarana/media belajar kepada dinas terkait.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Yanti Juniara
Date Deposited: 24 Mar 2022 03:57
Last Modified: 24 Mar 2022 03:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20456

Actions (login required)

View Item
View Item