Perjanjian Uji Kualitas Pada Transaksi Jual Beli Kaca Film Mobil Di Peunayong Dalam Perspektif Khiyar Ta’yin

T. Annas Mudawar, 170102189 (2022) Perjanjian Uji Kualitas Pada Transaksi Jual Beli Kaca Film Mobil Di Peunayong Dalam Perspektif Khiyar Ta’yin. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Perjanjian Uji Kualitas Pada Transaksi Jual Beli Kaca Film Mobil]
Preview
Text (Perjanjian Uji Kualitas Pada Transaksi Jual Beli Kaca Film Mobil)
T. Annas Mudawar, 170102189, FSH, HES, 085372667663.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pada sistem jual beli kaca film mobil di Peunayong, penjual menawarkan berbagai merk kepada pembeli, namun faktanya merk dagang yang beredar terdapat jenis merk KW atau tiruan yang objek fisiknya menyerupai bentuk asli keluaran pabrik. Penjual kaca film mobil juga tidak menjelaskan secara detail mengenai spesifikasi kaca film mobil terhadap konsumen. Dalam penelitian ini penulis mengkaji bagaimana bentuk perjanjian uji kualitas yang diberikan oleh pihak penjual kaca film mobil dalam perspektif Khiyar ta’yin. Kajian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah yang ada. Pertama, bagaimana konsumen menetapkan pilihan terhadap berbagai bentuk kualitas kaca film mobil yang dipasang pedagang di Peunayong. Kedua, bagaimana pihak toko kaca film mobil memberikan garansi dan konsekuensinya terhadap pelanggan pada pemasangan kaca fillm mobil di Peunayong. Ketiga, bagaimana perspektif khiyar ta’yin terhadap perjanjian garansi yang diberikan pihak toko pada pemasangan kaca film mobil di Peunayong. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode kualitatif. Data Penelitian ini diperoleh dari hasil observasi dan wawancara yang dilakukan pada tiga penjual kaca film mobil dan dua orang konsumen. Hasil penelitian yang didapatkan penulis yaitu, konsumen melakukan pembelian produk kaca film mobil di Peunayong, kemudian penjual menawarkan produk dan menjelaskan berbagai jenis kaca film dengan tawaran harga yang berbeda sesuai dengan merknya. Salah satu bentuk jaminan yang ditawarkan oleh penjual kaca film mobil adalah garansi pada produk kaca film dalam jangka waktu 5 tahun dengan syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan. Namun pada penerapan yang sering terjadi dalam kegiatan jual beli kaca film di Peunayong, para pedagang tidak memberikan informasi mengenai kualitas barang asli, sedang dan biasa secara detail sehingga konsumen merasa dirugikan. Hal ini bertentangan dengan konsep khiyar ta’yin karena syarat dari khiyar ta’yin ialah menjelaskan sepenuhnya mengenai barang yang diperjual belikan seperti perbedaan harga, perbadaan jenis dan detail produk lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum > 344 Hukum Pemburuhan, Pelayanan Sosial, Pendidikan, Kebudayaan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: T. Annas Mudawar Annas
Date Deposited: 25 Mar 2022 03:17
Last Modified: 25 Mar 2022 03:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20470

Actions (login required)

View Item
View Item