Analisis Kelayakan Bisnis Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Berdasarkan Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Usaha Nasi Uduk Di Kopelma Darussalam Banda Aceh)

Azhari, 160602005 (2021) Analisis Kelayakan Bisnis Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Berdasarkan Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Usaha Nasi Uduk Di Kopelma Darussalam Banda Aceh). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Azhari, 160602005, FEBI, ES, 082267399495.pdf]
Preview
Text
Azhari, 160602005, FEBI, ES, 082267399495.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

UMKM berperan dalam membantu program pemerintah dalam hal menciptakan lapangan pekerjaan sekaligus mengurangi tingkat pengangguran, dan lewat UMKM banyak tercipta unit-unit kerja baru yang dapat mendukung pendapatan rumah tangga. Usaha nasi uduk merupakan salah satu bentuk UMKM memiliki fleksibilitas yang sangat tinggi sehingga perlu dikaji studi kelayakannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan bisnis usaha Nasi Uduk di Kopelma Darussalam dan untuk mengetahui perspektif Islam terhadap kelayakan bisnis usaha Nasi Uduk di Kopelma Darussalam Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Informan penelitian ini adalah pemilik usaha nasi uduk di sekitar Kopelma Darussalam Banda Aceh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan bisnis usaha Nasi Uduk di Kopelma Darussalam dari segi legalitas rata-rata sudah memiliki NIB (Nomor Induk Berusaha), memiliki modal usaha yang cukup baik. Lokasi pemasaran sangat strategis, produksi yang lancar dan tersedianya bahan baku serta dikelola dengan manajemen SDM yang cukup baik. Usaha nasi uduk memberikan dampak sosial terhadap pola konsumsi mahasiswa menjadi praktis atau cepat saji. Pengusaha nasi uduk juga meminimalisir limbah dengan membuangnya ketempat penampungan sampah serta membersihkan tempat usaha secara rutin. Perspektif Islam terhadap kelayakan bisnis usaha Nasi Uduk di Kopelma Darussalam ditinjau dari aspek operasional, SDM, keuangan (finansial) dan pemasaran. Secara keseluruhan telah dilakukan dengan tanpa menyalahi aturan-aturan syariah sehingga usaha nasi uduk di Kopelma Darussalam tergolong layak bila ditinjau dari perspektif Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Azhari Ari
Date Deposited: 25 Mar 2022 03:12
Last Modified: 25 Mar 2022 03:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20477

Actions (login required)

View Item
View Item