Penerapan Model Make A Match Dengan Media Flash Card Pada Pembelajaran Ips Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik Kelas IV MIN 22 Aceh Besar

Ayi Dwi Noviza, 170209077 (2022) Penerapan Model Make A Match Dengan Media Flash Card Pada Pembelajaran Ips Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik Kelas IV MIN 22 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Model Make A Match Dengan Media Flash Card Pada Pembelajaran Ips Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik Kelas IV MIN 22  Aceh Besar]
Preview
Text (Penerapan Model Make A Match Dengan Media Flash Card Pada Pembelajaran Ips Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik Kelas IV MIN 22 Aceh Besar)
Ayi Dwi Noviza, 170209077, FTK, PGMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (24MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi langsung di kelas IVB MIN 22 Aceh Besar pada saat proses pembelajaran IPS, peneliti menemukan bahwa aktivitas belajar peserta didik pada pembelajaran IPS masih sangat kurang, masih banyak peserta didik tidak aktif, tidak fokus dan kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. disebabkan karena model dan media yang diterapkan guru masih kurang efektif dengan materi yang diajarkan. Berdasarkan permasalahan tersebut, guru perlu untuk lebih meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dengan menerapkan model make a match dan media flash card.Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk menganalisis penerapan model make a match dengan media flash card pada pembelajaran IPS pada peserta didik kelas IV MIN 22 Aceh Besar, 2) Untuk mengenalisis aktivitas guru aktivitas guru di kelas IV MIN 22 Aceh Besar dengan penerapan model pembelajaran pembelajaran make a match dengan media flash card pada pembelajaran IPS, 3) untuk menganalisis peningkatan aktivitas belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran make a Match dengan media flash card pada pembelajaran IPS pada peserta didik kelas IV MIN 22 Aceh Besar. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IVB MIN 22 Aceh Besar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas peserta didik. Kemudian data ini dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh aktivitas peserta didik pada siklus I skor rata rata 67,67% dengan kategori aktif dan meningkat pada siklus II skor rata-rata 75,56% dengan kategori aktif dan meningkat pada siklus III skor rata-rata 89,58% dengan kategori sangat aktif. Sedangkan aktivitas guru pada siklus I 76,84% dengan kategori baik dan meningkat pada siklus II 95,78% dengan kategori baik sekali, dan meningkat pada siklus III 98,94% dengan kategori baik sekali. Dengan demikian model make a match dengan media flash card dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik kelas IV MIN 22 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ayi Dwi Noviza
Date Deposited: 25 Mar 2022 03:02
Last Modified: 25 Mar 2022 03:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20479

Actions (login required)

View Item
View Item