Pengembangan Media Teka Teki Silang Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas X Semester Ganjil Di SMA Negeri Trumon Tengah

Debi Catur Kumala, 150208004 (2021) Pengembangan Media Teka Teki Silang Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas X Semester Ganjil Di SMA Negeri Trumon Tengah. Skripsi thesis, UPT. Perpustakaan.

[thumbnail of Pengembangan Media Teka Teki Silang Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas  X  Semester  Ganjil  Di  SMA  Negeri Trumon Tengah]
Preview
Text (Pengembangan Media Teka Teki Silang Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas X Semester Ganjil Di SMA Negeri Trumon Tengah)
Debi Catur Kumala, 150208004, FTK, PKM, 081360774684.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru bidang studi kimia dan peserta didik di SMA Negeri Trumon Tengah menyatakan bahwa hasil belajar peserta didik masih rendah. Selain itu bahan ajar yang tersedia hanya satu buku paket kimia yang belum bisa menarik minat belajar peserta didik. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Apakah media teka teki silang pada mata pelajaran kimia kelas X semester ganjil di SMA Negeri Trumon Tengah valid digunakan?; (2) Bagaimana respon guru dan peserta didik kelas X di SMA Negeri Trumon Tengah terhadap media teka teki silang yang dikembangkan?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan model ADDIE. Data pada penelitian ini dikumpulkan melalui instrumen lembar validasi, lembar angket respon guru kimia dan peserta didik. Hasil rata-rata yang diperoleh dari validasi teka-teki silang kimia adalah 94,33% dengan kriteria sangat valid, hasil presentase respon guru kimia yang menjawab sangat setuju 82,35% dengan kategori sangat tertarik, guru kimia yang menjawab setuju 17,65% dan hasil presentase respon peserta didik yang menjawab sangat setuju 71% dengan kategori tertarik, peserta didik yang menjawab setuju 28,5% dan peserta didik yang menjawab kurang setuju 0,5%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media teka teki silang pada mata pelajaran kimia kelas X semester ganjil yang dikembangkan di SMA Negeri Trumon Tengah sangat valid dan mendapatkan respon sangat tertarik dari guru kimia dan respon tertarik dari peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Sabarni, M.Pd Pembimbing II : Mukhlis, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Media teka teki silang, mata pelajaran kimia kelas X semester ganjil
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Debi Catur kumala
Date Deposited: 29 Mar 2022 02:16
Last Modified: 29 Mar 2022 02:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20484

Actions (login required)

View Item
View Item