Perilaku Pedagang Muslim Menurut Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus: Pedagang Emas Di Pasar Aceh)

Muhammad Rizal, 140602179 (2018) Perilaku Pedagang Muslim Menurut Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus: Pedagang Emas Di Pasar Aceh). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Ekonomi dan Bisnis Islam.

[thumbnail of Perilaku Pedagang Muslim Menurut Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus: Pedagang Emas Di Pasar Aceh)]
Preview
Text (Perilaku Pedagang Muslim Menurut Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus: Pedagang Emas Di Pasar Aceh))
Muhammad Rizal, 140602179, FEBI, ES, 085359234315.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah perilaku pedagang muslim yang ada di pasar Aceh belum mengaplikasikan nilai-nilai syariah dalam berdagang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah pedagang muslim yang ada di pasar Aceh mengetahui etika bisnis Islam. Jenis data yang dikumpulkan adalah data primer dan data sekunder. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskripstif kualitatif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pedagang muslim yang ada di pasar Aceh kurang mengetahui etika bisnis Islam sehingga dalam kegiatan usaha para pedagang masih melanggar aturan yang telah ditetapkan dalam Agama Islam. Akan tetapi dalam pelaksanaan kegiatan jual beli para pedagang tidak melakukan praktik riba, para pedagang meyakini bahwa perbuatan tersebut sangat dilarang dalam Islam sehingga tidak ada keberkahan padanya. Dalam hal kejujuran pedagang masih kurang yang mana pedagang tidak menjelaskan kondisi barang dan timbangan tersebut kepada pelanggan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pedagang, Perilaku, Etika Bisnis Islam.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhammad Rizal Rizal
Date Deposited: 28 Mar 2022 03:07
Last Modified: 28 Mar 2022 03:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20490

Actions (login required)

View Item
View Item