Analisis Penggunaan E-learning dalam Pembelajaran Anak Usia Dini di TK Bhayangkari Tapaktuan

Aflahatu Zikra, 160210062 (2021) Analisis Penggunaan E-learning dalam Pembelajaran Anak Usia Dini di TK Bhayangkari Tapaktuan. ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, UPT. Perpustakaan.

[thumbnail of Analisis Penggunaan E-learning dalam Pembelajaran Anak Usai Dini di TK Bhayangkari Tapaktuan]
Preview
Text (Analisis Penggunaan E-learning dalam Pembelajaran Anak Usai Dini di TK Bhayangkari Tapaktuan)
Aflahatu Zikra, 160210062, FTK, PIAUD.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

E-learning merupakan pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan alat elektronik. Alat elektronik yang digunakan dalam penelitian ini adalah gatget/hp sedangkan aplikasi yang digunakan adalah Zoom meeting dan whatsapp. Zoom meeting adalah aplikasi yang melayani tentang pertemuan panggilan, baik dengan vidio atau audio secara online. Pandemi Covid-19 menjadi salah satu permasalahan yang memberikan dampak luar biasa dalam segala aspek kehidupan diseluruh dunia termasuk Indonesia. Hal ini memberikan dampak yang luar biasa dalam segala bidang kehidupan. Dampak dari Covid-19 ini juga berpengaruh dalam dunia pendidikan bisa terlihat pada kebijakan pemerintah untuk meliburkan seluruh lembaga pendidikan dari tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sampai perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui data bagaimana proses penggunaan E-learning dalam pembelajaran anak usia dini di TK Bhayangkari Tapaktuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi dengan jumlah subjek 3 orang Guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran anak usia dini berlang sungsecara daring, proses pembelajarannya tetap menggunakan RPP,materi kegiatannya berupa kegiatan yang mirip dengan kegiatan sebelumnya, yang juga bisa dilakukan di rumah, media yang digunakan berupa media yang ada disekitar dan lingkungan anak,menggunakan media gambar, video serta video animasi yang menarik sebagai alat bantu guru mengajar yang jug abisa meningkatkan motivasi belajar anak dan metode yang digunakan ketika pembelajaran daring hanya metode bernyanyi, metode bercerita, metodepem biasaan, metode pemberian tugas, metode bercakap-cakap dan metode demonstrasi.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined])
Additional Information: Pembimbing I : ZikraHayati, M. Pd Pembimbing II : Munawwarah, S. Pd, M.Pd
Uncontrolled Keywords: E-learning, Pembelajaran Anak Usia Dini
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak > 2X7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Aflahatu Zikra
Date Deposited: 28 Mar 2022 03:07
Last Modified: 28 Mar 2022 03:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20492

Actions (login required)

View Item
View Item