Analisis Kesulitan Melukis Lingkaran Dalam dan Lingkaran Luar Segitiga Pada Materi Garis Singgung Lingkaran Siswa Kelas VIII MTs

Nova Yenni, 170205016 (2021) Analisis Kesulitan Melukis Lingkaran Dalam dan Lingkaran Luar Segitiga Pada Materi Garis Singgung Lingkaran Siswa Kelas VIII MTs. Skripsi thesis, UPT. Perpustakaan.

[thumbnail of Analisis Kesulitan Melukis Lingkaran Dalam dan Lingkaran Luar  Segitiga  Pada  Materi  Garis  Singgung  Lingkaran  Siswa Kelas VIII MTs]
Preview
Text (Analisis Kesulitan Melukis Lingkaran Dalam dan Lingkaran Luar Segitiga Pada Materi Garis Singgung Lingkaran Siswa Kelas VIII MTs)
Nova Yenni, 170205016, FTK, PMA, 082273291159.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Geometri merupakan salah satu cabang ilmu matematika yang diajarkan pada jenjang pendidikan yang ada di Indonesia, mulai dari jenjang sekolah dasar sampai ke perguruan tinggi. Geometri merupakan salah satu cabang matematika yang sulit dipelajari, salah satu keterampilan dasar geometri yang harus dikuasai siswa adalah keterampilan menggambar (drawing skill) atau melukis gambar. Diantaranya yaitu melukis lingkaran dalam dan lingkaran luar segitiga. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan siswa dalam melukis lingkaran dalam dan lingkaran luar segitiga materi garis singgung lingkaran siswa MTs. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Darul Ulum yang terdiri dari 6 siswa. Kriteria pemilihan subjek adalah subjek yang sudah mempelajari materi garis singgung lingkaran. Pemilihan subjek tersebut didasari beberapa pertimbangan, yaitu: (1) siswa yang memliki tingkat kemampuan tingkat tinggi, sedang dan rendah berdasarkan tes kemampuan, dan (2) siswa yang komunikatif berdasarkan rekomendasi dari guru di tempat penelitian dan bersedia bekerjasama untuk membantu mencapai tujuan penelitian. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dan lembar tes sebagai instrumen utama yang dipandu oleh pedoman wawancara dan alat perekam. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan tes tulis dan wawancara. Analisis data menggunakan triangulasi sumber, tes melukis lingkaran dalam dan lingkaran luar dilaksanakan dengan subjek yang berbeda dengan waktu yang sama. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah 1) kesulitan melukis dengan menggunakan jangka, 2) kesulitan melukis garis bagi, 3) kesulitan melukis garis sumbu, 4) kesulitan menentukan jari-jari dan titik potong lingkaran dalam dan lingkaran luar segitiga, 5) tidak tahu konsep melukis lingkaran dalam dan luar segitiga, dan 6) kesulitan membedakan antara lingkaran dalam dengan lingkaran luar segitiga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Zainal Abidin, M.Pd Pembimbing II : Dr. Zulkifli, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Melukis, Lingkaran Dalam segitiga, Lingkaran Luar Segitiga
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.7 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Nova Yenni Nova
Date Deposited: 28 Mar 2022 03:25
Last Modified: 28 Mar 2022 03:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20496

Actions (login required)

View Item
View Item