Strategi Guru Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Desain Grafis Di SMK Darul Ihsan Aceh Besar

Firman Ramadhana, 150212024 (2021) Strategi Guru Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Desain Grafis Di SMK Darul Ihsan Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Strategi Guru Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Desain Grafis Di SMK Darul Ihsan Aceh Besar]
Preview
Text (Strategi Guru Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Desain Grafis Di SMK Darul Ihsan Aceh Besar)
Firman Ramadhana, 150212024, FTK, PTI, 082219357255.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Adanya heterogenitas siswa yang mengikuti mata pelajaran Desain Grafis di SMK Darul Ihsan Aceh Besar baik dilihat dari aspek pengetahuan, perilaku dan jenis kelamin, telah menimbulkan berbagi permasalahan dalam pembelajaran. Oleh karena itu guru selaku pihak yang berperan penting dalam membawa siswa kearah lebih baik tentu dituntut harus memiliki strategi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran Desain Grafis di SMK Darul Ihsan Aceh Besar dan kendala guru dalam meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran Desain Grafis di SMK Darul Ihsan Aceh Besar. Penelitian ini pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini guru mata pelajaran Desain Grafik sebanyak 1 orang dan siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru dalam meningkatkan keaktifan siswa SMK Darul Ihsan Aceh Besar ialah dengan melakukan pendekatan individual dengan siswa, menerapkan metode dan strategi pembelajaran yang menarik, memberikan sanksi, mengadakan bimbingan terhadap siswa, menggunakan metode pembelajaran yang bervariatif dan memberikan motivasi belajar siswa. Kendala guru dalam meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran Desain Grafis di SMK Darul Ihsan Aceh Besar di antaranya masih minimnya motivasi dan minat belajar sebagian siswa, keterbatasan media dan fasilitas pembelajaran dan kurangnya waktu pada saat jam pembelajaran Desain Grafis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Keaktifan Siswa, Mata Pelajaran Desain Grafis
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Firman Ramadhana Firman
Date Deposited: 29 Mar 2022 02:16
Last Modified: 29 Mar 2022 02:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20498

Actions (login required)

View Item
View Item