Analisis Pembelajaran Matematika Berbasis Online di SMP/MTs

Wahyuni Zaiyan, 170205007 (2021) Analisis Pembelajaran Matematika Berbasis Online di SMP/MTs. Skripsi thesis, UPT. Perpustakaan.

[thumbnail of Analisis Pembelajaran Matematika Berbasis Online di SMP/MTs]
Preview
Text (Analisis Pembelajaran Matematika Berbasis Online di SMP/MTs)
Wahyuni Zaiyan, 170205007, FTK, PMA, 082370528593.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran saat ini sangat dipengaruhi oleh adanya virus covid-19 yang menyebabkan pembelajaran harus berlangsung secara online. Guru merupakan salah satu faktor tercapainya pembelajaran secara online. Penerapan kebijakan pemerintah mengenai pembelajaran online awalnya menimbulkan kendala-kendala, baik itu siswa maupun guru. Adapun tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan, kesulitan siswa dan guru, serta hasil belajar matematika siswa selama diterapkannya pembelajaran matematika berbasis online. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualititatif deskriptif dengan subjek angket yaitu kelas XI-1 MTsN 1 Banda Aceh dan subjek wawancara 3 orang siswa serta 3 orang guru matematika yang mengajar dari masing-masing tingkatan kelas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran matematika secara online dimulai dengan pemberian materi, penjelasan materi, tanya jawab, dan pemberian tugas. Adapun kesulitan yang dihadapi oleh siswa selama pembelajaran matematika berbasis online adalah kurang siap dalam belajar, kurang motivasi,kurang memahami materi, kurang memahami penjelasan guru, ketinggalan materi, tertekan karena tugas banyak, tidak dapat fokus sepenuhnya, orang tua tidak selalu terlibat, serta terganggu dengan jaringan. Sedangkan kesulitan yang dihadapi oleh guru adalah tidak puas dengan hasil belajar siswa, tidak bertindak maksimal untuk meningkatkan pemahaman siswa, tidak dapat memantau siswa, merasa kurangnya keterlibatan atau pengawasan orang tua, dan terganggu dengan jaringan serta hasil belajar siswa juga menurun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dra. Hafriani, M. Pd. Pembimbing II : Cut Intan Salasiyah, S. Ag., M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Matematika, Pembelajaran Online
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Wahyuni Zaiyan
Date Deposited: 29 Mar 2022 03:34
Last Modified: 29 Mar 2022 03:34
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20515

Actions (login required)

View Item
View Item