Penyisihan Merkuri (Hg) Dari Tanah Tercemar Limbah Tailing Dengan Fitoremediasi Menggunakan Tanaman Akar Wangi (Vetiveria Zizanioides L) (Studi Kasus Tanah Tailing Peti Dari Kecamatan Beutong, Kabupaten Nagan Raya)

Hartila Bayani, 170702003 (2022) Penyisihan Merkuri (Hg) Dari Tanah Tercemar Limbah Tailing Dengan Fitoremediasi Menggunakan Tanaman Akar Wangi (Vetiveria Zizanioides L) (Studi Kasus Tanah Tailing Peti Dari Kecamatan Beutong, Kabupaten Nagan Raya). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Sains dan Teknologi.

[thumbnail of Penyisihan Merkuri (Hg) Dari Tanah Tercemar Limbah Tailing Dengan Fitoremediasi Menggunakan Tanaman  Akar Wangi (Vetiveria Zizanioides L)  (Studi Kasus Tanah Tailing Peti Dari Kecamatan Beutong, Kabupaten  Nagan Raya)]
Preview
Text (Penyisihan Merkuri (Hg) Dari Tanah Tercemar Limbah Tailing Dengan Fitoremediasi Menggunakan Tanaman Akar Wangi (Vetiveria Zizanioides L) (Studi Kasus Tanah Tailing Peti Dari Kecamatan Beutong, Kabupaten Nagan Raya))
Hartila Bayani, 170702003, FST, TL, 08521133240.pdf - Updated Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Limbah Merkuri pertambangan pertambangan emas tanpa izin (PETI) diserap oleh tanah, sehingga tanah tersebut mengandung Merkuri Hg. Hal ini akan menyebabkan pencemaran lingkungan. Metode pengolahan limbah Hg dengan menggunakan metode fitoremediasi telah mampu untuk mengembangkan Hg yang terdapat didalam tanah. Namun fitoremediasi limbah Hg dari tanah tailing dengan menggunakan tanaman Akar Wangi (Vetiveria Zizanioides L) belum pernah dikaji. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penyisihan Hg dari tanah terkontaminasi limbah tailing pertambangan emas tradisional untuk mengetahui pengaruh kadar Hg di dalam tanah terhadap pertumbuhan Vetiveria Zizanioides L. Tanaman Vetiveria Zizanioides L yang berada di tanah pada tanah yang sebelumnya tanah tersebut sudah ada logam berat Hg sebagai pencemar dengan variasi konsentrasi 1,8816 ppm dan 1,9113 ppm dan variasi pemanen 7,14,21 hari. Hasil penelitian menunjukkan Vetiveria Zizanioides L dapat mengakumulasi Hg pada bagian akar, tanah dan daun. Akumulasi Hg tertinggi pada bagian akar dari semua jenis variasi konsentrasi 1,8816 ppm dan 1,9113 ppm dengan nilai sebesar 1,52 µ/g, 1,52 µ/g dan 1,32 µ/g dan pada batang 1,254 µ/g, 0,6813 µ/g dan 0,59 µ/g sedangkan pada tanah 1,02 µ/g, 0,49 µ/g dan 0,04 µ/g. Dari data yang telah disajikan maka dapat dilihat bahwa dari sampel Vetiveria Zizanioides L mampu dan efektif dalam menurunkan kadar konsentrasi zat pencemar yang terdapat dalam tanah limbah tailing. Hasil uji regresi linear sederhana untuk pengolahan limbah Merkuri (Hg) didapatkan hasil bahwa adanya pengaruh waktu/hari terhadap penurunan kadar parameter uji. Hasil mengindikasikan penggunaan Vetiveria Zizanioides L berpotensi untuk digunakan dalam pengolahan tanah limbah tercemar Hg.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Fitoremediasi, Merkuri (Hg), Akar Wangi
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Tehnik Lingkungan
Depositing User: Hartila Bayani Hartila
Date Deposited: 30 Mar 2022 02:41
Last Modified: 30 Mar 2022 02:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20520

Actions (login required)

View Item
View Item