Korelasi Antara Kemampuan Membaca Al-Qur’an Dengan Prestasi Belajar Pada Mata Kuliah Ilmu Tajwid Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Di FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Nanda Maulana, 170201013 (2021) Korelasi Antara Kemampuan Membaca Al-Qur’an Dengan Prestasi Belajar Pada Mata Kuliah Ilmu Tajwid Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Di FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Skripsi thesis, UPT. Perpustakaan.

[thumbnail of Korelasi Antara Kemampuan Membaca Al-Qur’an  Dengan Prestasi Belajar Pada Mata Kuliah Ilmu Tajwid Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Di FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh]
Preview
Text (Korelasi Antara Kemampuan Membaca Al-Qur’an Dengan Prestasi Belajar Pada Mata Kuliah Ilmu Tajwid Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Di FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh)
Nanda Maulana, 170201013, FTK, PAI, 085270196528.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Kemampuan membaca al-Qur’an mahasiswa PAI yang bervariasi berimplikasi pada prestasi belajar mata kuliah ilmu tajwid. Mahasiswa yang berkemampuan membaca al-Qur’an yang baik akan memperoleh nilai mata kuliah ilmu tajwid yang tinggi, namun fakta juga mengungkapkan bahwa mahasiswa yang berkemampuan membaca al-Qur’an yang baik memperoleh nilai yang rendah dan sebaliknya mahasiswa yang berkemampuan membaca al-Qur’an yang tidak baik tetapi memperoleh nilai yang tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab rumusan masalah tentang: (1) Seberapa tinggi kemampuan membaca al-Qur’an mahasiswa PAI angkatan 2017 di FTK UIN Ar-Raniry. (2) Seberapa tinggi prestasi belajar mata kuliah ilmu tajwid mahasiswa PAI angkatan 2017 di FTK UIN Ar-Raniry. (3) Apakah terdapat korelasi antara kemampuan membaca al-Qur’an dengan prestasi belajar pada mata kuliah ilmu tajwid mahasiswa PAI angkatan 2017 di FTK UIN Ar-Raniry. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian korelasi. Adapun populasinya yaitu seluruh mahasiswa PAI angkatan 2017. Sampel yang diambil sebanyak 15% dari 186 mahasiswa yaitu 30 mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan tes kinerja dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca al-Qur’an mahasiswa PAI termasuk dalam kategori tinggi dengan nilai rata-rata 87 dan prestasi belajar mahasiswa PAI pada mata kuliah ilmu tajwid termasuk dalam kategori sedang dengan nilai rata-rata 85. Analisis uji hipotesis menunjukkan bahwa rxy= 0,655, rtabel = 0,361 pada taraf signifikansi 5% dan rtabel = 0,463 pada taraf signifikansi 1%. Hal ini berarti nilai rxy > rtabel sehingga hipotesis yang diajukan diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi (hubungan) yang signifikan antara kemampuan membaca al-Qur’an dengan prestasi belajar pada mata kuliah ilmu tajwid mahasiswa PAI angkatan 2017 di FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Prof. Dr. H. Farid Wajdi Ibrahim, M.A. Pembimbing 2 : Realita, S.Ag., M. Ag
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca Al-Qur’an, Prestasi Belajar, Ilmu Tajwid
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nanda Maulana
Date Deposited: 30 Mar 2022 02:49
Last Modified: 30 Mar 2022 02:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20524

Actions (login required)

View Item
View Item