Efektifitas Program Corporate Sosial Responsibility (CSR) dalam Meningkatkan Citra Perusahaan (Kajian Deskriptif terhadap PT. Agro Sinergi Nusantara Kebun Ujung Lamie)

Dira Ranisa, 170401046 (2021) Efektifitas Program Corporate Sosial Responsibility (CSR) dalam Meningkatkan Citra Perusahaan (Kajian Deskriptif terhadap PT. Agro Sinergi Nusantara Kebun Ujung Lamie). Skripsi thesis, UPT. Perpustakaan.

[thumbnail of Efektifitas Program Corporate Sosial Responsibility (CSR)  dalam Meningkatkan Citra Perusahaan (Kajian Deskriptif terhadap PT. Agro Sinergi Nusantara Kebun Ujung Lamie)]
Preview
Text (Efektifitas Program Corporate Sosial Responsibility (CSR) dalam Meningkatkan Citra Perusahaan (Kajian Deskriptif terhadap PT. Agro Sinergi Nusantara Kebun Ujung Lamie))
Dira Ranisa, 170401046, FDK, KPI, 085360056028.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Kehadiran sebuah perusahaan di tengah-tengah masyarakat pada dasarnya diharapkan dapat bermanfaat serta mampu menjalin hubungan yang bersifat mutualisme antara keduanya. Namun, fakta di lapangan malah menunjukkan hasil yang sebaliknya. Banyak perusahaan yang hanya beroperasi untuk mengeruk sumber daya alam tanpa memperdulikan kelangsungan hidup masyarakat di sekitarnya. Akibatnya, bukan hanya potensi alam yang rusak, melainkan juga kehidupan masyarakat di sekitar perusahaan ikut menderita. Namun, PT. Agro Sinergi Nusantara yang bergerak di bidang perkebunan sawit, sejak berdiri tahun 2011 hingga saat ini tidak pernah didemonstrasi atau mendapatkan penolakan dari masyarakat. Satu hal yang penulis temui bahwa perusahaan tersebut senantiasa melaksanakan program CSR atau tanggungjawab sosial. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mencari dan menemukan pengetahuan yang dapat dimanfaatkan langsung di dalam kehidupan. Dalam melakukan kajian terhadap penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan analisis kualitatif dan metode deskriptif. Adapun hasil temuan yang penulis dapatkan yaitu; fokus pelaksanaan CSR PT. Agro Sinergi Nusantara Kebun Ujung Lamie pada 5 bidang, bidang pendidikan seperti bantuan bus sekolah, bidang lingkungan seperti pembinaan lingkungan mesjid, bidang sarana prasarana seperti perbaikan akses jalan desa, bidang sosial seperti bantuan acara perayaan hari besar, dan bidang kesehatan seperti pelaksanaan posyandu. Merujuk model-model CSR yang digagas oleh Aviva Geva, maka CSR PT. Agro Sinergi Nusantara dapat digolongkan ke dalam model lingkaran terpusat, disebabkan karena CSR pada perusahaan tersebut menitikberatkan tanggungjawabnya pada aspek ekonomi, namun juga tidak melupakan tanggungjawabnya terhadap aspek yang lain dan saling berkaitan antara satu sama lain. Ketiga, pelaksanaan CSR pada perusahaan tersebut tergolong efektif. Hal ini dapat dilihat dari terbentuk dan meningkatnya citra pada perusahaan tersebut

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Citra perusahaan, Corporate Sosial Responsibility (CSR)
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management & Public Relations (Manajemen dan Humas)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Dira Ranisa
Date Deposited: 30 Mar 2022 02:57
Last Modified: 30 Mar 2022 02:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20526

Actions (login required)

View Item
View Item