Pengaruh Penerapan Media Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Cahaya Kelas VIII MTsN 4 Aceh Selatan

Dail Nianda, 140204069 (2021) Pengaruh Penerapan Media Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Cahaya Kelas VIII MTsN 4 Aceh Selatan. Skripsi thesis, UPT. Perpustakaan.

[thumbnail of Pengaruh Penerapan Media Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Cahaya Kelas VIII MTsN 4 Aceh Selatan]
Preview
Text (Pengaruh Penerapan Media Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Cahaya Kelas VIII MTsN 4 Aceh Selatan)
Dail Nianda, 140204069, FTK, PFS, 082361683881.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (15MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi yang telah dilakukan peneliti di MTsN 4 Aceh Selatan, didapatkan bahwa pembelajaran bersifat teacher center dan cenderung bersifat analitis dengan menitik beratkan pada penurunan rumus-rumus fisika melalui analisis matematis. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan media animasi pada materi cahaya berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik di MTsN 4 Aceh Selatan serta untuk mengetahui bagaimana respon peserta didik dalam kegiatan pembelajaran melalui penggunaan media animasi. Rancangan penelitian adalah Quasi exsperimen dengan desain penelitiannya Pretest and Posttest Control Group Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTsN 4 Aceh Selatan semester genap, dan sampel diambil secara Purposive Sampling yaitu kelas VIII-1 yang berjumlah 23 orang sebagai kelas eksperimen dan VIII-2 yang berjumlah 25 orang sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan soal tes dan angket. Berdasarkan hasil statistik-t diperoleh bahwa t-hitung > t-tabel yaitu 3,23  1.67. Jadi dapat disimpulkan dengan menggunakan Media Animasi terhadap pengaruh hasil belajar peserta didik pada materi cahaya di MTsN 4 Aceh Selatan. Hal ini dapat diketahui berdasarkan uji-t yang diperoleh 3,23  1,67. Respon peserta didik terhadap pengaruh penggunaan media animasi dengan pernyataan positif yang menjawab dengan kriteria sangat setuju (SS) 24,1% dan setuju (S) 54,4% sedangkan pada pernyataan negatif yang menjawab dengan kriteria sangat tidak setuju (STS) 39,1% dan tidak setuju (TS) 66,6%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Fitriyawany, M.Pd Pembimbing II : Rahmati, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Media Animasi, Hasil Belajar, dan Cahaya
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Dail Nianda
Date Deposited: 04 Apr 2022 06:53
Last Modified: 04 Apr 2022 06:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20536

Actions (login required)

View Item
View Item