Analisis SWOT Penerapan Wakaf dalam Asuransi Syariah pada Sun Life Syariah Aceh

Nursafitri, 30183726 (2021) Analisis SWOT Penerapan Wakaf dalam Asuransi Syariah pada Sun Life Syariah Aceh. Masters thesis, UPT. Perpustakaan.

[thumbnail of Analisis SWOT Penerapan Wakaf     dalam Asuransi Syariah pada Sun Life Syariah Aceh]
Preview
Text (Analisis SWOT Penerapan Wakaf dalam Asuransi Syariah pada Sun Life Syariah Aceh)
Nursafitri, 30183726, PS, ES, 082272607838.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Peranan wakaf dalam meningkatkan kesejahteraan umat semakin gencar diperbincangkan, tak terkecuali wakaf uang (tunai), sehingga dalam pengembangannya semakin ditingkatkan untuk memudahkan setiap orang dalam menunaikan ibadah wakaf. Salah satu lembaga yang inovatif mengelola penerapan wakaf uang adalah Sun Life Syariah Aceh dengan produk wakaf wasiat polis asuransi. Adanya legalitas penerapan wakaf dalam asuransi melalui fatwa DSN-MUI pada tahun 2016 dan juga seluruh perekonomian di Aceh diharuskan berbasis syariah sesuai dengan Qanun Aceh 2018 menjadikan asuransi syariah di Aceh mudah untuk ikut andil dalam penerapan wakaf, yang berarti tidak hanya Sun Life Syariah yang bisa menjalankannya, namun juga mudah dijalankan oleh berbagai asuransi syariah lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan wakaf yang dijalankan Sun Life Syariah Aceh berdasarkan pada kekuatan, kelemahan, peluang dan juga ancaman.
Penelitian ini mengunakan metode kualitatif deskriptif dengan analisis SWOT yang merupakan identifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi perusahaan yang didasarkan pada logika yang dapat memaksimalkan kekuatan (Strength) dan peluang (Opportunities), namun secara bersamaan dapat meminimalkan kelemahan (Weakness) dan ancaman (Threats). Data penelitian diperoleh dari hasil wawancara dan kuesioner yang diberikan kepada karyawan Sun Life Syariah Aceh.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Azharsyah, SE.Ak., M.S.O.M Pembimbing II : Dr. Bismi Khalidin, M.A
Uncontrolled Keywords: Analisis SWOT, Wakaf Asuransi, Sun Life Syariah Aceh
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.227 Asuransi
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Ekonomi Syariah
Depositing User: Nursafitri Fitri
Date Deposited: 04 Apr 2022 05:07
Last Modified: 04 Apr 2022 05:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20538

Actions (login required)

View Item
View Item