Perancangan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Bidang Peminatan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi

Shinta Wardani, 170212020 (2022) Perancangan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Bidang Peminatan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of membahas tentang Aplikasi pemilihan bidang peminatan prodi PTI]
Preview
Text (membahas tentang Aplikasi pemilihan bidang peminatan prodi PTI)
Shinta Wardani, 170212020, FTK, PTI, 082281107847.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari oleh permasalahan yang dihadapi Program Studi Pendidikan Teknologi informasi yang masih mengunakan cara manual dalam pengambilan keputusan terhadap pemilihan bidang peminatan, apalagi keadaan sekarang yang dalam masa Pandemi COVID-19. Dengan itu penulis ingin merancang suatu Prototype aplikasi yang akan menjadi solusi untuk Prodi PTI dalam melaksanakan kegiatan Pemilihan Bidang Peminatan secara Online dan tidak manual lagi kedepannya. Sistem pendukung keputusan ini menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk dapat meningkatkan secara efektif dalam mengambil keputusan pada pemilihan peminatan. Metode pengembangan sistem yang penulis gunakan adalah metode Prototype. Teknik pengumpulan data berupa kuisioner dengan skala pengukuran Likert. Sedangkan populasi dari penelitian ini adalah Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi dan sampelnya adalah 2 mahasiswa alumni Prodi PTI di bidang RPL. Untuk metode pengolahan data menggunakan metode kuantitatif karena penulis akan mengumpulkan dan mengolah data dalam bentuk angka. Berdasarkan hasil persentase kuesioner terhadap Prototype sistem yang dirancang bahwa persentase jawaban dari responden sebanyak 86,2%. Ini menjelaskan bahwa pengguna merasa sangat setuju dengan adanya perancangan sistem ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Shinta Wardani Shinta
Date Deposited: 12 Apr 2022 02:59
Last Modified: 12 Apr 2022 02:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20605

Actions (login required)

View Item
View Item