Persepsi Mahasiswa Terhadap Pemanfaan Blog Sebagai Media Periklanan

Sufratul Aini, Sufratul (2022) Persepsi Mahasiswa Terhadap Pemanfaan Blog Sebagai Media Periklanan. Skripsi thesis, UIN AR RANIRY Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Blog Sebagai Media Periklanan]
Preview
Text (Membahas tentang Blog Sebagai Media Periklanan)
Sufratul Aini.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Persepsi Mahasiswa Terhadap Pemanfaatan Blog Sebagai Media Periklanan)” Penggunaan media blog merupakan sesuatu yang lazim pada era globalisasi sekarang, terkhusus pada mahasiswa Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam. Blog sudah dimanfaatkan berbagai hal seperti media pembelajaran dan sarana hiburan. Jika ditelusuri lebih dalam, blog memiliki manfaat dengan jangkauan yang lebih luas misalnya sebagai media periklanan dan sarana dakwah. Namun pemanfaatan belum mencapai ke arah tersebut sehingga kurang optimalnya pemanfaatan blog menjadi latar belakang dari penelitian ini. Adapun tujuan dari penelitian ialah mengetahui persepsi mahasiswa terhadap pemanfaatan blog sebagai media periklanan, dan untuk mengetahui tingkat kesadaran para mahasiswa dalam menggunakan blog sebagai media dakwah. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan mewancarai 15 narasumber yang berasal dari angkatan 2016, 2017, dan 2018 pada Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam. Hasil penelitian menunjukan kurangnya pengoptimalan blog dari pihak mahasiswa. data menunjukan hanya 2 narasumber yang memanfaatkan blog secara optimal, pada kasus ini makna optimal diartikan sebagai mereka memahami dan menggunakan blog sebagai media periklanan (menulis dan mengakses informasi secara sekaligus) dan 13 narasumber masih belum optimal. Pandangan mereka secara garis besar melihat blog sudah mulai ditinggalkan seiring banyaknya platform baru yang bermunculan. Begitupun pada kasus kesadaran dalam memanfaatkan blog sebagai media dakwah. Tingkat kesadaran mahasiswa dalam memanfaatkan blog sebagai media dakwah juga beragam, menulis atau mengakses. namun jauh dari kata optimal yaitu memanfaatkan pada kedua bagian, para mahasiswa berasumsi sekiranya blog adalah sebuah wadah yang tidak bisa dipertanggung jawabkan kebenaranya sehingga tidak disarankan untuk menulis konteks keagamaan atau mengakses di wadah tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Ridwan Muhammad Hassan, Ph, D 2. Anita S. Ag., M. Hum
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Blog, Iklan, Media dakwah
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 070 News Media, Journalism & Publishing
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Sufratul Aini
Date Deposited: 19 Apr 2022 03:46
Last Modified: 19 Apr 2022 03:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20657

Actions (login required)

View Item
View Item