Peran BP4 Dalam Layanan Bimbingan Pra Nikah Untuk Mencegah Perceraian Di KUA Kecamatan Seunagan Timur, Nagan Raya, Skripsi S-1, Prodi Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Ar-Raniry, Banda Aceh, 2021.

Erni Mizwar, 150402097 (2022) Peran BP4 Dalam Layanan Bimbingan Pra Nikah Untuk Mencegah Perceraian Di KUA Kecamatan Seunagan Timur, Nagan Raya, Skripsi S-1, Prodi Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Ar-Raniry, Banda Aceh, 2021. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Layanan Bimbingan Pra Nikah]
Preview
Text (Layanan Bimbingan Pra Nikah)
Erni Mizwar, 150402097, FDK, BKI, 082165089392.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Islam menganjurkan untuk membentuk suatu keluarga yang mampu mewujudkan sebagai keluarga yang harmonis. akan tetapi, masih ada pasangan suami istri yang kurang memahami makna pernikahan, sehingga dengan pasangan yang usia pernikahannya masih terbilang baru sudah memilih untuk bercerai, begitupun dengan pasangan yang usia pernikahannya sudah lama. Maka, penting adanya pemberian layanan bimbingan pra nikah yang diberikan oleh BP4 kepada calon pengantin baru di KUA Kecamatan Seunagan Timur, Nagan Raya untuk membekali para calon pengantin dengan ilmu yang cukup, serta mampu mewujudkan keluarga yang harmonis sekaligus dapat mencegah terjadinya kekerasan dalam rumah tangga bahkan perceraian. Tujuan penelitian ini adalah pertama, untuk mengetahui peran BP4 dalam layanan bimbingan pra nikah dalam mencegah perceraian di KUA Kecamatan Seunagan Timur. Kedua, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi BP4 dalam layanan bimbingan pra nikah untuk mencegah perceraian dan ketiga, untuk mengetahui hasil layanan bimbingan pra nikah yang dilakukan oleh BP4 untuk mencegah perceraian. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) bersifat deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa BP4 di KUA Kecamatan Seunagan Timur, berperan aktif dalam memberikan layanan bimbingan pra nikah kepada masyarakat, mulai dari tahap mendaftarkan diri hingga proses akad nikah dan pasca nikah hal ini dilakukan dengan tujuan agar dapat membantu setiap calon pengantin dalam mencegah timbulnya masalah dikemudian hari. Faktor pendukung yang dihadapi oleh BP4 dalam mencegah perceraian, yaitu adanya kerjasama dengan lembaga-lembaga terkait, adanya program Bimbingan Perkawinan yang diselenggarakan oleh Mahkamah Syari’ah Nagan Raya, keikutsertaan dari lembaga pendidikan nonformal, serta peran tokoh-tokoh agama di kalangan masyarakat. Adapun faktor penghambat yang dihadapi yaitu, kurangnya kedisiplinan waktu oleh para calon pengantin, keterbatasan ruangan yang dipergunakan. Dan hasil layanan bimbingan pra nikah dalam mencegah perceraian, bimbingan pra nikah sudah cukup baik serta pasangan suami istri dan calon pengantin yang sudah dan telah mengikuti bimbingan pra nikah, merasakan manfaat dari program ini sehingga mampu membantu para calon pengantin dalam upaya membina pernikahan serta rumah tangga yang harmonis sesuai dengan syari’at Islam dengan segala keterbatasan sarana dan prasarana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.26 Komunikasi Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Erni Mizwar Erni
Date Deposited: 18 Apr 2022 02:23
Last Modified: 18 Apr 2022 02:23
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20717

Actions (login required)

View Item
View Item