Irma Suriani, 160210036 (2021) Pengaruh Permainan Roller Alphabet Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini Umur 4-5 Tahun. Skripsi thesis, UPT. Perpustakaan.
Irma Suriani, 160210036, FTK, PIAUD, 085270984748.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (5MB) | Preview
Abstract
Salah satu bagian dari aspek bahasa yang perlu dipersiapkan dan dikembangkan pada anak usia PAUD dan Taman Kanak-kanak (TK) untuk menghadapi jenjang pendidikan selanjutnya adalah kemampuan mengenal huruf yang nantinya dapat berkembang menjadi kemampuan membaca permulaan kata. Kemampuan mengenal huruf merupakan kemampuan yang terlihat sederhana, namun kemampuan ini harus dikuasai oleh anak TK karena pengenalan huruf, yang berkembang menjadi kata, termasuk modal awal untuk menguasai keterampilan membaca. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh permainan roller alphabet terhadap kemampuan membaca permulaan pada anak TK Aisyiah Bustanul Atfal Kedai Manggeng Kabupaten Aceh Barat Daya. Objek penelitian ini adalah sebanyak 16 anak TK kelas A. Pengumpulan data dengan cara observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan menggunakan uji t-test. Hasil penelitian ini diketahui bahwa terjadi peningkatan kemampuan membaca permulaan sebesar 66,20%. Secara statistik dengan menggunkan uji t-test juga terlihat terdapat peningkatan yang signifikan pada kemampuan membaca anak, dengan nilai thitung = 6,852 dan ini lebih besar dari nilai ttabel sebesar = 2,120. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan pada hasil tes kemampuan membaca permulaan pada anak TK Aisyiah Bustanul Atfal Manggeng Kabupaten Aceh Barat Daya Tahun Pelajaran 2020/2021.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dra. Jamaliah Hasballah, MA Pembimbing II : Hijriati, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Permainan roller alphabet, kemampuan membaca permulaan |
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak > 2X7.3203 Metodologi 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.4 Membaca |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal |
Depositing User: | Irma Suriani |
Date Deposited: | 19 Apr 2022 02:47 |
Last Modified: | 19 Apr 2022 02:47 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20749 |