Cut Nurlaita, 170503047 (2021) Upaya Perpustakaan Sekolah Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Di SD Negeri 69 Banda Aceh. Skripsi thesis, UPT. Perpustakaan.
Cut Nurlaita, 170503047, FAH, IP, 085280526448.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini berjudul “Upaya Perpustakaan Sekolah dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa di SD Negeri 69 Banda Aceh.” Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana upaya perpustakaan sekolah dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa di SD Negeri 69 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah 1 Orang Kepala Sekolah dan 1 Orang Kepala Perpustakaan. Hasil Penelitian menunjukkan upaya yang dilakukan oleh perpustakaan sekolah SD Negeri 69 Banda Aceh menerapkan 4 kegiatan yang diterapkan yaitu jum’at literasi, literasi wajib setiap hari, kunjungan perpustakaan, dan calistung. Dari kegiatan tersebut jum’at literasi didampingi oleh pustakawan, guru, dan seluruh staf karyawan sekolah. Untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa pustakawan menerapkan beberapa metode yaitu, metode eja, metode suku kata, dan metode gambar. Hal ini dibuktikan bahwa siswa sudah mampu meningkatkan keterampilan membacanya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perpustakaan Sekolah, Keterampilan Membaca Permulaan, dan SD Negeri 69 Banda Aceh |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 027 Perpustakan, Arsip, Pusat Informasi Umum > 027.8 Perpustakaan Sekolah 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 028 Membaca dan Penggunaan Media Informasi Lainnya |
Divisions: | Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan |
Depositing User: | Cut Nurlaita |
Date Deposited: | 19 Apr 2022 03:01 |
Last Modified: | 19 Apr 2022 03:01 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20755 |