Praktik Pengupahan Buruh Tani Ditinjau Dari Perpektif Ijȃrah Bi Al-‘Amȃl (Studi Kasus Di Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar)

Muhammad Fatahillah, 121209373 (2019) Praktik Pengupahan Buruh Tani Ditinjau Dari Perpektif Ijȃrah Bi Al-‘Amȃl (Studi Kasus Di Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar). ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, UPT. Perpustakaan.

[thumbnail of Praktik Pengupahan Buruh Tani Ditinjau Dari Perpektif Ijȃrah Bi Al-‘Amȃl (Studi Kasus Di Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar)]
Preview
Text (Praktik Pengupahan Buruh Tani Ditinjau Dari Perpektif Ijȃrah Bi Al-‘Amȃl (Studi Kasus Di Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar))
Muhammad Fatahillah, 121209373, FSH, HES, 082277102050.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dewasa ini zaman semakin praktis, segala pekerjaan dapat dilakukan dengan mudah dan cepat dengan bantuan alat ataupun jasa(tenaga) dari orang lain. Padi merupakan komoditas utama di Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar, hampir setiap golongan masyarakat menggarap lahannya untuk menanam padi. Menanam dan memanen padi merupakan hal yang cukup sulit dan lama apabila dikerjakan sendiri, maka dalam hal ini buruh tani berperan sangat besar sebagai penawar jasa untuk memudahkan pekerjaan tersebut. Interaksi antara pemilik lahan dan buruh tani kemudian terikat dengan ijārah bi al-‘amal, yaitu memanfaatkan jasa orang lain untuk melakukan suatu pekerjaan dengan adanya upah atas pekerjaan tersebut. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa praktik pengupahan buruh tani di Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar melalui akad ijārah bi al-‘amal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analisis yaitu suatu metode untuk menganalisa dan memecah masalah yang terjadi pada masa sekarang berdasarkan gambaran yang di lihat dan didengar serta hasil penelitian. Untuk pengumpulan data primer penulis menggunakan penelitian lapangan (field research). Sedangkan untuk mengumpulkan data sekunder penulis menggunakan penelitian kepustakaan (library research). Untuk teknik pengumpulan data penulis menggunakan teknik wawancara langsung. Hasil penelitian menunjukan menunjukan bahwa praktik pengupahan di Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar, sesuai dengan akad ijȃrah bi al-‘amal. Akan tetapi, terdapat perbedaan upah antara buruh tani laki-laki dengan buruh tani perempuan. Hal ini bisa dimaklumi dikarenakan secara fisik laki-laki lebih superior dibandingkan perempuan, mereka lebih kuat dan lebih cepat dalam bekerja. Hal ini tentu tidak bertentangan dengan konsep ijȃrah bi al-‘amal karena setiap mereka yang bekerja lebih cepat dan kuat memperoleh upah sedikit lebih banyak dan hal yang terpenting adalah mereka yang mendapat upah lebih sedikit rela dan tidak mempermasalahkan hal tersebut.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined])
Additional Information: Dr. Bismi Khalidin, S.Ag.,M.Si., Faisal Fauzan, S.E., M.Si, Ak., CA
Uncontrolled Keywords: Upah, Buruh Tani, Ijārah bi al-‘Amal
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.223 Sewa Menyewa (Ijarah)
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.3 Ekonomi > 2X6.311 Upah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhammad Fatahillah
Date Deposited: 20 Apr 2022 02:31
Last Modified: 20 Apr 2022 02:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20766

Actions (login required)

View Item
View Item