Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Jual Beli Online Dan Dampaknya Terhadap Pendapatan Masyarakat Di Masa Pandemi Covid-19 Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Terhadap Desa Ateuk Munjeng Kota Banda Aceh).

Alif Akbar, 170602055 (2022) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Jual Beli Online Dan Dampaknya Terhadap Pendapatan Masyarakat Di Masa Pandemi Covid-19 Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Terhadap Desa Ateuk Munjeng Kota Banda Aceh). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Jual Beli Online]
Preview
Text (Jual Beli Online)
Alif Akbar, 170602055, FEBI, ES, 082338575819.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Jual beli online merupakan persetujuan saling mengikat melalui internet antara penjual sebagai pihak yang menjual barang dan pembeli sebagai pihak yang membayar harga barang yang dijual. Jual beli secara online menerapkan sistem jual beli di internet. Tidak ada kontak secara langsung antara penjual dan pembeli. Jual beli ini dilakukan melalui suatu jaringan yang terkoneksi dengan menggunakan handphone, komputer, tablet, dan barang-barang teknologi canggih yang lainnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan dalam melakukan jual beli online dan bagaimana dampak pendapatan jual beli online terhadap masyarakat Desa Ateuk Munjeng selama pandemi Covid-19 yang ditinjau menurut perspektif ekonomi islam. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan pendekatan penelitian yang digunakan ialah penelitian lapangan. Hasil penelitian ditemukan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan jual beli online pada masyarakat Desa Ateuk Munjeng di masa pandemi Covid-19, mayoritas masyarakatnya lebih mengutamakan kebutuhan ekonominya terpenuhi dari pada harus mematuhi protokol kesehatan yang membuat pendapatan ekonomi mereka terbatasi dan tidak terpenuhinya kebutuhan ekonomi yang lain. Sedangkan Dampak pendapatan masyarakat dimasa pandemi Covid-19 di Desa Ateuk Munjeng berjalan dengan normal, hanya saja pendapatan para penjual tidak sebanyak yang mereka dapatkan setelah melandanya pandemi Covid-19, dikarenakan salah satu hambatannya harus mematuhi protokol kesehatan, sehingga alat transportasi pengiriman barang terbatasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Alif Akbar Alif
Date Deposited: 25 Apr 2022 02:28
Last Modified: 25 Apr 2022 02:28
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20795

Actions (login required)

View Item
View Item