Partisipasi Masyarakat Dalam Musyarawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) di Gampong Cumbok Niwa Kecamatan Sakti Kabupaten Pidie

Rizki Handika, 170802028 (2021) Partisipasi Masyarakat Dalam Musyarawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) di Gampong Cumbok Niwa Kecamatan Sakti Kabupaten Pidie. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Musyarawarah  Perencanaan Pembangunan Desa]
Preview
Text (Musyarawarah Perencanaan Pembangunan Desa)
Rizki Handika, 170802028, FISIP, IAN, 081269809398.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Partisipasi masyarakat merupakan salah satu faktor penting yang diperlukan untuk mendukung sukses tidaknya suatu pembangunan. Proses paling mendasar dalam suatu pembangunan yang hendaknya melibatkan partisipasi dari masyarakat adalah dalam perencanaan pembangunan. Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa atau biasa disebut Musrenbangdes merupakan forum masyarakat tahunan oleh masyarakat desa dan pelaku pembangunan dalam menampung kebutuhan masyarakat, mengatasi masalah-masalah pembangunan dan menentukan prioritas pembangunan berdasarkan RPJMDesa dan RKPDesa. Penelitian dilaksanakan dengan metode penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi lapangan dan studi dokumentasi serta studi beberapa literatur. Penelitian ini menyajikan hasil penelitian berupa mekanisme penyelenggaraan Musrenbangdes pada tahap persiapan dan pelaksanaan dengan mendeskripsikan fenomena yang terjadi di lapangan serta menyajikan derajat partisipasi masyarakat Gampong Cumbok Niwa dalam penyelenggaraan Musrenbangdes berdasarkan hasil wawancara, observasi dan dokumen Musrenbangdes. Namun pada kenyataannya masih banyak kasus dimana tingkat partisipasi masyarakat dalam Musrenbangdes masih tergolong rendah karena adanya dominasi dari pihak pemerintahan desa dalam proses pengambilan keputusan pembangunan. Tujuan dari hasil penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan sampai sejauh manakah tingkat partisipasi masyarakat dalam Musrenbangdes di Gampong Cumbok Niwa Kecamatan Sakti Kabupaten Pidie. Hasil penelitian ini dapat bermanfaat bagi pemerintah maupun masyarakat untuk mengupayakan peningkatan partisipasi masyarakat dalam proses perencanaan pembangunan desa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Rizki Handika
Date Deposited: 25 Apr 2022 02:50
Last Modified: 25 Apr 2022 02:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20798

Actions (login required)

View Item
View Item